BPBD Purwakarta Ingatan Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diimbau Waspada Bencana Alam.

Situasi Kabupaten Purwakarta usai diguyur hujan sore hari. (Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan, berupa curah hujan dengan intensitas sedang-lebat, yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Kepala BPBD Kabupaten Purwakarta, Juddy Herdiana mengatakan perubahan cuaca ini berpotensi menimbulkan bencana alam. Maka dari itu, pihaknya mengimbau masyarakat selalu waspada terhadap potensi ancaman bencana alam.

“Saat awal musim hujan diimbau waspada potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, petir, puting beliung, dan lain-lain yang bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, pohon tumbang,” ungkap Juddy, pada Jumat, 7 Oktober 2022.

Kendati mulai turun hujan, jelas Juddy, akan tetapi saat ini masih masa transisi dari musim kemarau ke penghujan. Meski begitu, masyarakat dihimbau tetap lebih waspada karena potensi bencana alam.

“Saat ini merupakan pancaroba atau transisi terdapat potensi hujan sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang terutama pada siang hingga sore hari,” ucapnya.