BPJS-TK Purwakarta Resmikan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Cabang Purwakarta hari ini meresmikan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Desa tersebut yaitu Desa Rawasari, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. Peresmian tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta Padil Karsoma, pihak BPJS-TK, unsur Muspika Kecamatan Plered, perangkat desa hingga masyarakat sekitar.

Kepala BPJS-TK Cabang Purwakarta Didi Sumardi mengatakan penetapan Desa Rawasari ini diharapkan dapat mengajak seluruh masyarakat untuk semakin sadar akan pentingnya manfaat dan resiko sosial yang ada.

Baca Juga:  Menkes: Mutasi Virus Baru India Sudah Masuk di Indonesia, Hati-hati!

“Kita tidak tahu resiko dalam bekerja akan datang. Oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk menyiapkan jaminan sosialnya, karena itu sangat penting,” kata Didi dalam sambutannya, Rabu (09/08/2017).

Didi menjelaskan, Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan gerakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jaminan sosial. Khususnya program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di lingkungan masyarakat dan pemerintahan.

Program ini pun sebagai komitmen terhadap Misi BPJS Ketenagakerjaan. Yaitu melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya, meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional.

Baca Juga:  Ratusan Botol Miras di Ciawi Bogor Disita, Polisi Ingatkan Hal Ini

“Saya sangat mengapresiasi pihak Desa Rawasari ini. Pasalnya, seluruh aparat desa, baik Kades, RT, RW, Linmas, dan DKM di desa ini sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” tutur Didi.

Didi menambahkan, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan perangkat desa dan DKM Desa Rawasari mendapatkan jaminan kecelakaan, jaminan hari tua serta jaminan sosial.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Bandar Narkoba di Teluk Mengkudu

Sementara itu Kepala Desa Rawasari, Noeratif mengungkapkan, seluruh perangkat Desa Rawasari sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dari tahun lalu. Dan tahun ini pihaknya bersyukur seluruh DKM di Desa Rawasari juga bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Untuk iuran perbulan seluruh perangkat Desa dan DKM akan dibayar melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) Desa Rawasari,” ungkapnya. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat