Cegah Banjir dan Longsor, Kodim Purwakarta Tanam Ratusan Pohon

Kodim 0619/Purwakarta
Penanaman Pohon yang dilakukan Kodim 0619/Purwakarta di Situ Cikamar, Kecamatan Campaka. (Foto: Dok. Kodim 0619/Purwakarta).

Menurutnya, penanaman pohon ini sebagai penguat ketahanan tanah tanggul Situ Cikamar yang ada di wilayah Desa Cisaat-Campaka agar terhindar dari bencana banjir dan longsor.

Tak hanya itu, gerakan penghijauan ini juga sebagai paru-paru kota dimana pertumbuhannya menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan makhluk hidup.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika Bahas Kurikulum Bahasa Sunda untuk Pendidikan Sekolah di Purwakarta

“Menanam pohon sebagai bukti kita peduli terhadap lingkungan, dengan ikut andil melestarikan lingkungan. Menanam pohon bukan berarti kita harus menanam pohon dari ukuran besar tetapi bisa dimulai dari tunas terlebih dahulu, karena dari gerakan kecil kita akan memperoleh manfaat yang besar,” jelas Andi.

Baca Juga:  Sukses Amankan Mudik Lebaran 2024, Sekda Purwakarta Apresiasi TNI-Polri

Selain menambah keindahan, kata Dandim, dengan penanaman pohon juga dapat mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir atau tanah longsor.

“Tanam pohon menghijaukan lingkungan, kita ciptakan lingkungan bersih, hijau dan sehat. Dengan kita menanam pohon berarti ada beberapa manfaat yang kita hasilkan yang pertama menghasilkan Oksigen. Untuk itu, Kita harus rajin-rajin menanam pohon itu salah satu membantu untuk menghasilkan oksigen,” ucapnya.

Baca Juga:  Dua Pengedar Narkoba di Purwakarta Ditangkap, Polisi Sita Barang Bukti 200 Gram Sabu