Cegah Banjir, Satgas Citarum Harum Bersihkan Sungai Cigoong Purwakarta

Pembersih sungai Cigoong yang berlokasi di Kampung Cipancur, Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Dok. Satgas Citarum harum sektor 13).

Diketahui, aliran sungai Cigoong mengairi ratusan hektar sawah produktif di wilayah sekitar. Jika terjadi banjir, tentunya akan berdampak langsung pada area pesawahan yang merupakan salah satu sumber kehidupan hingga mata pencahariaan masyarakat setempat.

“Oleh karena itu penting kita jaga dan pelihara kebersihan sungai, jika terjadi banjir tentunya secara langsung akan mengancam salah satu ketahanan pangan masyarakat kita, yaitu area pesawahan,” jelas Ujang.

Baca Juga:  Polisi Tegaskan akan Tindak Knalpot Bising di Cirebon

Pembersihan DAS tersebut, selain dilakukan oleh sejumlah personil Satgas Citarum Harum sektor 13 juga turut dilakukan bersama- sama dengan sejumlah warga terutama para petani di wilayah setempat.

Baca Juga:  Keroyok Pemuda Tak Bersalah, Anggota Geng Motor di Purwakarta Diringkus Polisi

“Warga terutama petani sengaja kita libatkan, ini menjadi moment kami memberikan sosialisasi kepada warga tentang pentingnya kebersihan sungai. Dengan dilibatkannya warga, diharapkan warga terutama para petani mempunyai rasa memiliki akan DAS dan senantiasa merawatnya untuk tetap bersih terutama dari sampah yang kerap menyumbat aliran sungai,” tukasnya. (Gin)

Baca Juga:  Polres Purwakarta Tetapkan Oknum Guru Ngaji Cabul Sebagai Tersangka dan Masuk DPO