Cegah Pelanggan Anggota, Kapolres Purwakarta Luncurkan Polisi Nyantri

Personel Polres Purwakarta saat nyantri di Pondok Pesantren Madinah Darul Barokah Lodaya Purwakarta. (Dok Polres Purwakarta)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Guna mencegah oknum anggota melakukan pelanggaran hingga merugikan masyarakat, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain meluncurkan program Polisi Nyantri yang bekerjasama dengan Pondok Pesantren Madinah Darul Barokah Lodaya Purwakarta.

Di Pondok Pesantren yang terletak di Kampung Dandeur RT 5, RW 2, Desa Dangdeur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, merupakan pembentukan pendalaman agama untuk polisi yang beragama Islam.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, tujuan menitipkan personel polisi itu ke pesantren adalah sebagai bentuk pembinaan mental terhadap anggota polisi. Nantinya, diharapkan polisi itu memiliki mental yang berbasis nilai-nilai islami.

Selama mengikuti program itu, lanjut Edwar, seluruh anggota akan mendapatkan materi ilmu agama Islam secara intensif bersama santri lainnya. Polisi-polisi tersebut juga dibebaskan dari aktivitas kedinasan, dan hanya berkutat dengan segala kegiatan peribadatan selama hampir 2 x 24 jam.

“Banyak materi keagamaan yang mereka terima. Pengajian di ponpes. Malamnya, ada pula Salat Tahajud, lalu disambung Subuh, Salat Dhuha, dan berbagai ibadah lainnya. Jadi padat sekali jadwal mereka,” jelas Edwar, Pada Senin, 26 September 2022.