DAS Citarum Masuk Kategori Cemar Ringan, Ridwan Kamil: Satgas Citarum Harum Berhasil

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat mendampingi kunjungan dua menteri ke Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam kurun waktu 2019 hingga 2021, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut, Satgas Citarum Harum berhasil mencapai target dari beberapa program penanganan permasalahan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Dalam Paparannya, Ridwan Kamil menyebut, salah satu capaian terbaik yakni membuat kualitas air Sungai Citarum dalam kondisi terus membaik dan kini masuk kategori cemar ringan dengan Indeks Kualitas Air (IKA) 50,13 poin.

Baca Juga:  Warga Berhasil Gagalkan Tawuran Pelajar SMK di Bogor, Begini Awal Mulanya

“Pemulihan air Sungai Citarum ini penting untuk diketahui bukan hanya karena statusnya sebagai sungai terpanjang di Jawa Barat,” ucap Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jawa Barat saat di Perum Jasa Tirta II Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa 15 Maret 2022.

Baca Juga:  Setelah Covid-19, Masyarakat Dihantui Penyakit Hepatitis Akut, Ridwan Kamil: Harus Waspada

Dijelaskannya, sungai yang memiliki panjang 270 kilometer itu menjadi sumber kehidupan bagi 18 juta warga di 13 kabupaten/kota di Jawa Barat yang dilintasi DAS. Sungai ini juga vital bagi kemakmuran 682.227 hektare lahan di 1.454 desa.

Baca Juga:  Duh! Keluarga TKW Karawang yang Dijual ke Suriah Diancam Pihak Ini

Bahkan, Kata Kang Emil, pemerintah telah menetapkan ultimate goal sebagai indikator dan target keberhasilan utama dari pelaksanaan rencana aksi PPK Das Citarum. Yakni Mutu Air Kelas II, atau setara dengan nilai IKA sebesar 60 poin yang ditargetkan dapat tercapai pada akhir 2025.