Data Penerima Bansos di Kota Bogor Cukup Tinggi, Ini Tanggapan DPRD

Anggota DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri
Anggota DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BOGOR – Memasuki akhir tahun 2023, Komisi IV DPRD Kota Bogor melakukan pembahasan mendalam terkait laporan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang disampaikan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor.

Menurut Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri, laporan yang diterima pada November 2023 menunjukkan ada 400.098 penerima manfaat bantuan sosial dari pemerintah.

Baca Juga:  Musim Telur Ular Menetas, Waspadai Bayinya di Sekitar Rumah

Angka penerima bantuan sosial ini cukup mencengangkan karena setara dengan 35,63 persen dari jumlah penduduk Kota Bogor yang mencapai 1.122.772 jiwa.

Baca Juga:  Gaji Fantastis TAP Bentukan Ridwan Kamil dan Sikap Lembek DPRD Jawa Barat

“Ini adalah angka yang fantastis, bisa diartikan sepertiga jumlah penduduk Kota Bogor masih membutuhkan bantuan dari pemerintah. Sehingga perlu langkah-langkah strategis untuk mengurangi angka-angka tersebut,” ungkap pria yang akrab disapa Gus M tersebut.

Baca Juga:  Ayo Buruan! 61 Perusahaan di Bekasi Buka 3.000 Lowongan Kerja  

Dalam paparannya, Gus M menyoroti kurang optimalnya penanganan kemiskinan oleh Pemkot Bogor. Data Rasio Gini yang tinggi di Kota Bogor, mencapai 0,430 pada 2022, menunjukkan ketimpangan pendapatan yang perlu mendapat perhatian serius.