Di Hadapan Pejabat Polri, Mensos Risma Paparkan Dua Strategi Penanganan Kemiskinan, Apa Saja?

Mensos Risma
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat menghadiri Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bareskrim Polri Tahun Anggaran 2023 yang diselenggarakan di Kota Bandung pada Selasa (14/3/2023). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memaparkan dua strategi penanganan kemiskinan.

Strategi penanganan kemiskinan tersebut disampai wanita yang akrab disapa Risma ini saat menghadiri Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bareskrim Polri Tahun Anggaran 2023 yang diselenggarakan di Kota Bandung pada Selasa (14/3/2023).

Baca Juga:  Di Purwakarta, Jumlah ASN Yang Pensiun Jomplang Dengan Kuota CPNS

Di hadapan para pejabat kunci jajaran Polri, Mensos Risma memaparkan dua strategi penting dalam penanganan kemiskinan, yakni meningkatkan pendapatan dan menekan pengeluaran kelompok miskin dan rentan.

“Peran Kemensos sebetulnya bagaimana warga tidak mampu bisa berdaya dalam menghadapi kondisi dan situasi apapun. Kemudian saya mencoba bagaimana masyarakat miskin ini bisa mandiri, caranya dengan meningkatkan pendapatan dan menekan pengeluaran,” kata Mensos Risma.

Baca Juga:  Begini Upaya Pemprov Jabar Selesaikan Masalah Ponpes Al-Zaytun

Dia menjelaskan, strategi pertama adalah meningkatkan pendapatan diwujudkan dalam bentuk kesempatan kerja bagi Penerima Manfaat (PM) yang memiliki kemampuan. Kesempatan kerja ini ditempuh Kemensos dengan kerjasama penempatan pegawai di dunia usaha maupun sektor layanan publik yang berada dalam kendali pemerintah pusat atau daerah.

Baca Juga:  Usai Unras, Puluhan Mahasiswa Bandung di Vaksinasi