Diskominfo Jabar Diseminasi Aplikasi Sapawarga, Para Ketua RW Rasakan Manfaat

Tim Sapawarga Diskominfo Jabar memberi materi kepada para ketua RW di Kota Bandung dalam Forum Diseminasi dan Diskusi Ketua RW untuk Pengembangan Aplikasi Sapawarga di Gedung Sate Bandung, Senin (17/7/2023). (Foto: Istimewa).

Namun demikian, berbagai variasi nomenklatur, standar tata letak, strategi navigasi, serta penggunaan teknologi yang berbeda seringkali justru mengaburkan tujuan utama yang ingin dicapai. Tak jarang membuat masyarakat kebingungan.

Untuk itu, dibutuhkan sebuah sistem yang terintegrasi sehingga baik pemerintah maupun masyarakat, dapat memberikan dan mengakses informasi dan layanan publik secara transparan dan mudah.

Baca Juga:  Jalan Sapan Bandung Terendam Banjir Sudah Tiga Hari, Banyak Kendaraan Mogok

Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah mengatakan Sapawarga Jabar Super Apps (JSA), telah bertransformasi. Pada awal penggunaan aplikasi hanya diperuntukkan bagi ketua RW, kini berubah menjadi platform yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi, layanan, serta menyampaikan aspirasi.

Baca Juga:  Ikuti Ekspedisi Ciliwung, Ini yang Banyak Ditemukan Bima Arya

“Sebelumnya digunakan oleh Ketua RW, sekarang sudah bisa digunakan oleh masyarakat secara luas. Saat ini, Sapawarga Jabar Super Apps telah bekerja sama dengan berbagai Perangkat Daerah dalam menghadirkan berbagai fitur guna memudahkan kebutuhan masyarakat seperti pembayaran pajak kendaraan bermotor, layanan PPDB, informasi vaksin, dan aduan publik,” kata Ika di Bandung, Senin (17/7/2023).

Baca Juga:  Setiawan Wangsaatmaja: Wawasan Lingkungan Harus Ditanamkan sejak Dini

Optimalisasi pengembangan dan implementasi fitur kegiatan RW pada aplikasi Sapawarga sebagai Pusat Kanal Informasi dan Transaksional Layanan Publik Jawa Barat diperlukan koordinasi dan kolaborasi yang sinergi antara UPTD dan kelurahan serta ketua RW.