Dubes Tiongkok Kunjungi Kota Cirebon

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Pj Wali Kota Cirebon tawarkan kerjasama di bidang kepariwisataan kepada Tiongkok. Kota Cirebon memiliki budaya daerah pesisir yang terdiri dari campuran budaya Sunda, Cina juga pengaruh budaya Eropa.

Hal tersebut diungkapkan Pj Wali Kota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufik, M.Si, usai menerima kunjungan Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Indonesia, Xiao Qian, dalam rangka Meningkatkan Kerjasama dan Hubungan Persahabatan antara Tiongkok dan Provinsi Jawa Barat di ruang Adipura Kencana Balaikota, Kamis (06/12).

“Duta besar Tiongkok tadi sudah tertarik dan ke depan berharap bisa menjalin kerjasama dengan Kota Cirebon,” ungkap Dedi.

Baca Juga:  APBD 2020 Pemkab Subang Akan Dipublikasikan

Langkah awal, lanjut Dedi, ditawarkan kerjasama sister city, yaitu antar Kota Cirebon dengan salah satu kota di Tiongkok. Tidak hanya itu, Tiongkok juga tertarik dengan beberapa lokasi yang ada di Kota Cirebon. Seperti daerah pesisirnya, Kopi Luhur, serta keraton-keratonnya.

“Apalagi nanti malam Dubes Tiongkok juga akan makan malam di pinggir pantai,” ungkap Dedi.

Budaya yang dimiliki Kota Cirebon juga beragam. Karena merupakan perpaduan dari Sunda, Tiongkok, Arabic hingga eropa. Perpaduan budaya ini yang menarik dari Kota Cirebon dan bisa menjadi daya tarik kunjungan wisatawan.

Kerjasama dengan Tiongkok ini menurut Dedi harus segera ditangkap oleh Pemerintah Daerah Kota Cirebon. “Kita akan menonjolkan Fashion, Food, Unique dan Nature yang ada disini,” kata Dedi. Karenanya harus segera ditindaklanjuti dengan melakukan MoU atau kerjasama dalam waktu yang tidak lama lagi. Ini pun sejalan dengan visi Gubernur Jawa Barat yaitu Jabar juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi.

Baca Juga:  Polisi Gerebek Eks Terminal Cilambang Tasikmalaya, Temukan Ini

Kerja sama dengan Tiongkok diharapkan merupakan salah satu inovasi yang dilakukan Pemerintah Daerah Kota Cirebon, khususnya kerjasama di bidang kepariwisataan.

Pada saat jamuan makan, Dubes RRT, Xiao Qian, sempat tertarik dengan makanan empal gentong. Dedi pun menjelaskan jika empal gentong merupakan makanan khas Cirebon berbumbu kari yang dicampur dengan daging dan taburan daun kucai serta dimasak menggunakan gentong yang terbuat dari tanah liat. Dubes Xiao Qian pun tertarik dan sempat menyicipi empal gentong tersebut.

Baca Juga:  Kecelakaan di Pasteur Bandung, Pemotor Ngebut Tabrak Penyebrang Jalan hingga Tewas

Pada kunjungan Dubes RRT, Xiao Qian, turut hadir pula Wali Kota Cirebon terpilih periode 2018-2023, Drs. H. Nashrudin Azis, SH, wakil walikota terpilih periode 2018-2023, Dra. Hj, Eti Herawati, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. Asep Dedi, M.Si, ketua DPRD Kota Cirebon, Edi Suripno, S.Ip., M.Si, Kepala BIJB Kota Cirebon, Budi Jamaludin dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat