Eceng Gondok Tutupi Sebagian Besar Permukaan Waduk Jatiluhur, Warga : Hambat Perekonomian

Kondisi Waduk Jatiluhur yang tertutup eceng gondok. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Nyaris semua permukaan Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta tertutup eceng gondok. Kondisi tersebut menghambat aktivitas warga atau pekerja yang akan melintasi di sekitar danau.

Hal tersebut dikeluhkan salah satu pemilik perahu di Waduk Jatiluhur, Barjo. Warga Desa Kembang Kuning, Kecamatan Jatiluhur itu mengaku sangat terganggu dengan kondisi ini.

Baca Juga:  Pesan Ambu Anne Untuk Dewas Yang Baru

“Sekarang kalau banyak eceng ya ujungnya ngepek, jadi urusan kerja sama angkut macet sama sekali enggak bisa jalan, terganggunya sama eceng terlalu penuh padat jadi perahu enggak bisa lewat, yang kerja mikul, kerja ikan, kerja daging, bibit repot enggak bisa jalan, macet sama sekali,” ujarnya, Senin (30/5/2022).

Baca Juga:  Lagi, Purwakarta Raih Penghargaan sebagai Daerah Tertib Ukur

Barjo mengungkapkan jika keberadaan eceng ini sangat merugikan dirinya sebagai pekerja angkut. Jika di kondisi normal sekali jalan Barjo mampu mendapat penghasilan Rp50 ribu, namun saat ini dirinya tidak mendapatkan apapun karena perahu sulit berjalan.

Baca Juga:  Tangkal Paham Radikal, Kodim 0204 Deli Serdang Resmikan Kampung Pancasila

“Ya sangat ganggu banget lah, paling nunggu dimana eceng sementara keluar kita bisa jalan kita bisa kerja, untuk sementara kalo eceng penuh total gini, ya enggak bisa apa-apa nganggur lah. Ini udah empat hari perahu enggak jalan karena banyak eceng,” kata Barjo.