Edukasi dan Penertiban Knalpot Terus Dilakukan Polres Purwakarta

Razia Knalpot
Kegiatan sosialisasi dan penertiban knalpot yang tidak sesuai denganspesifikasi teknis di SMK Informasi Pasundan Purwakarta. (Foto: Dok. Polres Purwakarta).

Salah satunya, kata Dadang, penertiban knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis yang dilakukan jajaran Polres Purwakarta dengan mendatangi sekolah untuk memberikan edukasi kepada siswa agar tertib berlalu lintas dan juga tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis.

Selanjutnya, tambah dia, pihaknya memeriksa semua kendaraan sepeda motor yang ada di lingkungan sekolah untuk mengecek langsung knalpotnya, bagi sepeda motor yang menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis maka diminta untuk dibongkar dan diganti dengan knalpot standar. “Mereka pun ikhlas untuk dibongkar, dibuka, dan diganti oleh standar,” kata Dadang

Baca Juga:  Dirjen PPMD Serukan Komitmen Untuk Tuntaskan Mandat UU Desa

Ia menyampaikan penertiban knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis itu dalam rangka memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat, khususnya pengguna jalan, karena selama ini banyak keluhan dari masyarakat terkait suara bising dari knalpot sepeda motor.

Baca Juga:  Masyarakat di Bogor Diminta Waspadai Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran

Selain memberikan kenyamanan bagi masyarakat, kata dia, penertiban tersebut sebagai langkah antisipasi terjadinya perkelahian maupun tawuran yang disebabkan dari suara knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis di jalanan.

Baca Juga:  Diduga Ngantuk, Sopir Truk Tewas Terlibat Kecelakaan di Tol Cipali KM 74

“Dengan beberapa kejadian yang disebabkan oleh penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis, seperti terjadinya tawuran atau perkelahian disebabkan oleh knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis, oleh karena itu kita melaksanakan penertiban,” katanya.