Electric Starter Motor kalian Sering Bermasalah? Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Electric Starter merupakan inovasi seru bagi kegiatan bersepeda motor. Sebab, dengan adanya alat pendukung ini, pengendara tidak perlu lagi susah payah melakukan starter dengan kaki alias kick starter.

Namun sayang, Electric Starter acap kali mengalami masalah. Ketika masalah terjadi, aki motor sering menjadi sasaran para pemilik dalam menyatakan kekesalannya.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyebab rusaknya Electric Starter yakni:

Baca Juga:  Pembebasan Lahan Tol Cigatas Ditangguhkan, Wali Kota Tasikmalaya Angkat Bicara

Pertama. Rusaknya Switch Starter – Switch starter merupakan alat yang dipakai untuk menghubungkan dan memutus arus listrik pada kendaraan secara tidak langsung. Komponen ini dapat menjadi faktor utama penyebab Electric Starter tidak dapat digunakan.

Cara paling mudah untuk mengecek apakah ada kendala yang berasal dari komponen ini adalah dengan menyambungkan kabel antar switch starter. Jika mendengar bunyi seperti “krek krek”, maka bisa jadi itu pertanda bahwa Electric Starter motor dalam keadaan yang tidak prima.

Baca Juga:  Fadli Zon Berkicau, Kritik Logo Halal Baru yang Ditetapkan Kemenag

Kedua. Dinamo Starter – Meski kemungkinannya terlalu kecil, namun komponen dinamo ini juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan Electric Starter motor sulit untuk dinyalakan. Ini bisa terjadi karena dinamo rusak yang biasanya dipicu oleh korsleting, terputus, atau sejenisnya.

Solusi utama untuk mengatasi permasalahan ini adalah mengganti arang kumparan yang terpasang pada dinamo. Sayangnya, untuk pemasangan arang kumparan memerlukan usaha yang sedikit lebih ekstra.

Baca Juga:  Warga Kabupaten Bogor Hati-hati, Ada Penipu Catut Nama Bupati Ade Yasin Keliaran di WhatsApp

Ketiga. Bendik – Terakhir ada bendik yang bisa menjadi faktor pemicu Electric Starter sulit dinyalakan. Komponen tersebut memiliki fungsi utama untuk menyambungkan arus listrik yang dikirim oleh aki ke dinamo starter.

Jika terdapat kendala pada komponen ini, arus listrik yang seharusnya disalurkan ke dinamo tidak akan terhubung dengan baik, akibatnya mesin kendaraan pun tidak dapat menyala. (Red)