Empat Wilayah Jadi Pembangunan Strategis Investasi, Kawasan Rebana dan Jabar Selatan Nilainya Rp400 Triliun

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja secara resmi membuka Rapat Pleno Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 di Grand Sunshine Hotel, Kabupaten Bandung, Selasa (15/3/2022). (Foto: Istimewa).

Setiawan memaparkan strategi mewujudkan kerja sama berkinerja, yaitu mengkurasi usulan kerja sama untuk mencapai target kinerja Program RPJMD, menetapkan indikator keberhasilan kerja sama dalam rencana kerja pada naskah perjanjian kerja sama, mengapresiasi pelaksanaan kerja sama daerah melalui penghargaan TKKSD Award, serta mendorong kerja sama dengan akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, maupun media.

Baca Juga:  Dinkes Kabupaten Karawang Siapkan Posko Kesehatan Di Jalur Mudik

Sedangkan strategi mewujudkan kerja sama tersistem, yakni melalui sistem informasi kerja sama daerah berbasis website, instrumen evaluasi kerja sama daerah, perencanaan kerja sama tahunan melalui forum desk musrenbang dan desk evaluasi kerja sama berskala setiap semester.

Dia berharap dari rapat pleno ini setiap perangkat OPD dapat meningkatkan efektivitas kerja sama, diantaranya perlu komitmen dari tiap OPD dalam mengimplementasikan kegiatan kerja sama baik dengan mitra dari dalam, maupun luar negeri, dan perangkat daerah proaktif menindaklanjuti perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani.

Baca Juga:  Catat! Perhutani Siap Pulihkan Kerusakan Area Edelweis di Ranca Upas

“Koordinasi internal dan eksternal supaya dilakukan terencana, terjadwal dan berkesinambungan. Perangkat daerah juga dapat menyusun pemetaan kerja sama setiap tahunnya dalam rangka mendukung kinerja untuk pencapaian target RPJMD,” ungkapnya.

Baca Juga:  Herman Suyatman: Jabar Tetap Lanjutkan TPK Sarimukti untuk Bandung Raya

“Tak kalah penting inovasi dan optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi untuk percepatan administrasi dan memudahkan koordinasi, maupun monitoring tindak lanjut kerja sama,” tandasnya. (Red)