Gelaran Seni-Budaya Lokal, Mampu Jaga Keutuhan NKRI

JABARNEWS | MAJALENGKA – ‎Banyaknya event dan kegiatan bertajuk seni-budaya lokal dalam tiga bulan terakhir bahkan hingga akhir Desember 2018. Membuat kegiatan seni-budaya lokal kota angin mengantri untuk ditampilkan, hal itu direspon positif seniman dan budayawan Kabupaten Majalengka.

Karena dengan memelihara dan melestarikan serta menggiatkan seni-budaya lokal dinilai mampu menjaga keutuhan NKRI dan semangat kekompakan serta kebersamaan.

Baca Juga:  Penegak Hukum Diminta Usut Dugaan Tipikor Rutilahu di Purwakarta

Hal ini ditegaskan Budayawan Majalengka, Dedi Kijoen, usai mengisi materi workhsop tentang kesenian dan kebudayaan di Sanggar Gosali Desa Ciborelang Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka, Minggu (4/11/2018).

“Dengan adanya event dan kegiatan yang menonjolkan seni-budaya, saya pikir ini bagus buat masyarakat. Juga, bisa menetralkan situasi dan lebih jauh dapat mengikatkan keutuhan NKRI. Karena hanya dengan seni budaya, tanpa membedakan apapun, kita semua berkumpul menikmati karya seni,” ungkapnya.

Baca Juga:  Polres Serdang Bedagai Kerahkan 122 Personel Amankan Gereja

Pria yang akrab dipanggil Uwa Kijoen ini menambahkan termasuk event yang diselenggarakan oleh Sanggar Gosali ini, yang menyelenggarakan berbagai pelatihan yang ada hubungannya dengan seni budaya lokal.

“Tujuannya untuk memupuk generasi di wilayah Ciborelang Jatiwangi untuk mengenal dan melestarikan seni budaya yang ada,” ungkapnya.

Baca Juga:  Jadwal Adzan Magrib Untuk Kota Bandung Hari ke 4 Bulan Ramadhan

Pengelola Sanggar Gosali, Tini Hartini mengatakan pihaknya konsen untuk menularkan tentang kesenian dan budaya lokal, khususnya yang ada di wilayah Ciborelang dan sekitarnya.

“Sebab yang terpenting adalah memelihara dan melestarikan seni budaya itu sendiri. Jangan sampai punah. Oleh karenanya generasi penerus juga harus mengenal dan memahaminya,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat