Hati-hati Jika Mata Merah, Bisa Jadi Karena Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Mata merah merupakan kondisi yang umumnya tidak berbahaya. Meski demikian, kondisi ini dapat mengganggu penglihatan, terutama saat beraktivitas atau berkomunikasi dengan orang lain.

Penyebab mata merah pun sangat beragam, maka daribitubkarin mesti hati-hati jika mata merah karena beberapa diantaranya berbahaya.

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab mata merah yakni:

Pertama. Kemasukan benda asing – Benda asing yang masuk ke mata seperti pasir atau debu dapat menyebabkan mata kelilipan dan berair. Benda asing tersebut akan menggores kornea dan gejalanya adalah kemerahan, mata berair, atau sensitivitas terhadap cahaya.

Baca Juga:  Gubernur Sumut Buka Festival Danau Toba Ke 7

Trauma atau luka pada mata yang disebabkan karena kecelakaan, terpapar benda asing atau zat kimia, baru menjalani operasi, goresan kecil yang menyebabkan kornea lecet, atau luka bakar juga bisa jadi penyebab mata merah.

Baca Juga:  Dampak Pembatasan Solar, Puluhan Bus di Ciamis Dikandangkan

Kedua. Alergi – Mata merah juga merupakan salah satu gejala alergi mata. Hal ini terjadi karena reaksi umum dari alergi adalah mata memerah.

Ketika sistem kekebalan Anda bereaksi terhadap zat asing, seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, bahan kimia tertentu yang ada dalam makeup ataupun cairan lensa kontak.

Baca Juga:  Potensi Jabar Selatan: Jagung Sindangbarang Cianjur Mampu Dijual hingga Jateng dan Jatim

Ketiga. Uveitis – Menurut Mayo Clinic, uveitis adalah jenis peradangan mata yang menyerang jaringan pada lapisan tengah dinding mata (uvea).

Kondisi ini menyebabkan mata mengalami gejala-gejala seperti kemerahan, sakit, serta penglihatan buram. Uveitis dapat mengenai salah satu atau kedua mata, dan dapat terjadi pada seluruh usia. (Red)