Heboh Soal Warga Cianjur Terjangkit Cacar Monyet, Begini Hasil Pemeriksaan Tim Medis

Cara penularang cacar monyet. (foto: istimewa)

“Pada tanggal 1 November 2023, pasien datang ke Puskesmas Padalarang dengan keluhan adanya lesi (bruntus) di badannya yang disertai demam,” kata Nurul.

Pasien menerima pengobatan dan disarankan untuk melanjutkan perawatan di rumah. Namun, setelah 3 hari, pasien kembali dengan keluhan bruntus yang semakin parah di berbagai bagian tubuhnya.

Baca Juga:  Dapatkan Hadiah & Cashback Di Samsung Experience Store Purwakarta

“Setelah dirawat selama 3 hari, pasien datang lagi dengan keluhan muncul vesikel di badannya dan langsung mendapat pengobatan dari tenaga medis Puskesmas Padalarang,” tambahnya.

Setelah menjalani perawatan, pasien pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Cianjur.

Dinkes Bandung Barat telah menyampaikan laporan mengenai dugaan kasus ini kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur.

Baca Juga:  Seorang Remaja di Purwakarta Tewas Terserempet Kereta Api

“Pasien tersebut kembali ke rumahnya di Kabupaten Cianjur dan mendapatkan perawatan di puskesmas setempat setelah laporan ke Dinkes Cianjur. Kami memastikan bahwa pasien ini bukan warga Bandung Barat,” tegasnya.

Koordinasi antara Dinkes Bandung Barat dan Dinkes Cianjur sedang berlangsung untuk memastikan bahwa langkah-langkah pencegahan dan penanganan yang tepat dapat diambil guna menghindari penyebaran lebih lanjut dan memberikan perlindungan kepada masyarakat setempat.

Baca Juga:  Polemik Tagihan Listrik Naik, Warga Terdampak Gempa di Cugenang Cianjur Ngeluh Begini

Kasus ini menegaskan pentingnya kerjasama antarlembaga kesehatan dan mobilitas cepat dalam menanggapi potensi penyebaran penyakit menular. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News