Heboh Soal Warga Cianjur Terjangkit Cacar Monyet, Begini Hasil Pemeriksaan Tim Medis

Cara penularang cacar monyet. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ CIANJUR –Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah mengidentifikasi seorang warga asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang dicurigai terjangkit cacar monyet atau monkeyfox.

Pasien tersebut merupakan seorang pria penyintas HIV yang secara rutin melakukan pemeriksaan di Puskesmas Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga:  Ngeri! Seorang Perempuan di Bogor Dianiaya Mantan Pacarnya: Perutnya Disayat

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Bandung Barat, Nurul Rasihan, menjelaskan bahwa pasien ini telah menjalani terapi antiretroviral (ARV) di Puskesmas Padalarang sejak bulan September untuk mengurangi risiko penularan HIV.

Baca Juga:  Percepat Capaian Vaksin Booster, ini Upaya yang Dilakukan Polres Purwakarta

“Pasien tersebut adalah pasien ODHIV yang terdiagnosis di Puskesmas Padalarang pada bulan September. Dia menjalani pengobatan ARV dari Puskesmas Padalarang,” ungkap Nurul saat dihubungi awak media, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga:  Berhasil Ditangkap, Polisi Ungkap Pelaku Pembunuhan Ibu Anggota DPR RI Asal Indramayu Ternyata Kenal Korban

Menurut Nurul, pasien asal Kabupaten Cianjur ini kemudian tinggal di sebuah kontrakan di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, di mana dia menjalani pemeriksaan rutin HIV sejak September.