Indonesia Darurat Literasi, Syaiful Huda Sampaikan Hal Ini

Syaiful Huda
Kegiatan Diseminasi Program Prioritas Bidang Kebahasaan dan Kesastraan di Hotel Harper Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam acara Diseminasi Program Prioritas Bidang Kebahasaan dan Kesastraan, di Hotel Harper Purwakarta, Pada Sabtu, 1 April 2023, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyebut Indonesia darurat literasi.

Baca Juga:  Jelang Tes Swab Massal, Pemkab Bekasi Siapkan 500 Kamar Isolasi

Hasil Asesmen Nasional (AN) 2021 menunjukkan bahwa Indonesia mengalami darurat literasi. Di mana, satu dari dua peserta didik belum mencapai kompetensi minimum literasi.

Hasil AN 2021 ini konsisten dengan hasil Programme for International Student Assessment (PISA) 20 tahun terakhir yang menunjukkan bahwa skor literasi membaca peserta didik di Indonesia masih rendah.

Baca Juga:  Ini Pengakuan Puan Maharani Soal Surpres Calon Panglima TNI

Bahkan, belum berubah secara signifikan di bawah rata-rata peserta didik di negara Organization of Economic Co-operation and Development (OECD) atau Organisasi Kerja Sama Pembangunan Ekonomi.

Baca Juga:  Satres Narkoba Polres AKP Heri Nurcahyo Pimpin KKYD, Ini Hasilnya

Diseminasi program prioritas bidang kebahasaan dan kesastraan ini digelar dalam rangka Penyusunan Rekomendasi Kebijakan Badan Bahasa. Adapun narasumber yang hadir, yaitu Ketua Komisi X DPR RI, H. Syaiful Huda.