Ini Jumlah Kerusakan Akibat Gempa Menurut Pemkab Sumedang

Herman
Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS │ SUMEDANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang mencatat adanya 1.004 bangunan yang mengalami kerusakan sebagai dampak dari serangkaian gempa bumi yang melanda wilayah tersebut.

Kerusakan akibat gempa bumi tersebut tersebar di delapan kecamatan, meliputi Sumedang Selatan, Sumedang Utara, Cimalaka, Ganeas, Cisarua, Tanjungkerta, Tanjungmedar, dan Rancakalong.

Baca Juga:  Prediksi Cuaca Jawa Barat Senin 29 Mei 2023

Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman, mengungkapkan bahwa dari total bangunan yang rusak, 808 di antaranya mengalami kerusakan ringan, 93 mengalami kerusakan sedang, dan 103 mengalami kerusakan berat.

Baca Juga:  Ini Penyebab Pelaku Menganiaya Bocah 13 Tahun Asal Bogor Usai Open BO

Kata Herman, Pemkab Sumedang akan menyampaikan data tersebut ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk dilakukan verifikasi. Setelah verifikasi, bangunan yang mengalami kerusakan akan mendapatkan bantuan.

Baca Juga:  Tol Cisumdawu Sudah Bisa Dilalui Pemudik, Kapolres Sumedang Ingatkan Soal Ini

“Jadi, warga masyarakat tetap tenang dan percayakan pada kami dengan catatan kami akan verifikasi, agar akuntabel. Nah, bagi yang biasa-biasa saja atau tidak masuk kategori rusak ringan, nanti kami akan perhatikan juga,” jelas Herman.