Inilah Deretan Pemegang Terbesar Anggaran Menteri dan Kepala Lembaga Baru

JABARNEWS | BANDUNG – Berdasarkan buku APBN 2020 mengenai anggaran belanja yang akan ditangi oleh para anggota kementrian, pada tahun 2020 total anggaran tersebut sebesar Rp 909,62 triliun, naik Rp 25 triliun dibandingkan tahun 2019 Rp 884,5 triliun.

Kemudian setelah resminya Presiden Joko Widodo (Jokowi) lantik 34 menteri dan empat kepala lembaga pada kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10). Para anggota kabinet tersebut bakal menangani anggra yang telah dialokasikan, namun tahukah siapa yang menangani Anggaran terbesra?

Berikut merupakan sepuluh deratan besaran anggaran kementerian dan lembaga negara untuk periode 2019-2024, dilansir dari CNNindonesia dan dihimpun dari beberapa sumber, untuk Anggaran tahun 2020.

Kementerian Pertahanan

Dipimpin Prabowo Subianto pada tahun depan akan mengantongi anggaran paling besar mencapai Rp 131,2 triliun. Anggaran pada kementerian tersebut naik Rp 21,6 dibanding tahun .

Baca Juga:  Bubarkan Tawuran Gerombolan Motor, Polisi Purwakarta Amankan Dua Remaja

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Anggaran terbesar kedua dikantongi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebesar Rp 120,2 triliun. Kementerian yang pada tahun ini mengantongi anggaran terbesar ini tetap akan dipimpin oleh Basuki Hadimuljono.

Polri

Lalu pada posisi tiga ditempati oleh Polri dengan anggaran mencapai Rp 104,7 triliun. Instansi ini baru ditinggal Tito Karnavian yang baru dilantik sebagai menteri dalam negeri. Adapun Tito dikabarkan akan digantikan oleh Idham Azis yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri.

Baca Juga:  Kebakaran di Kampung Adat Kuta Ciamis Disebabkan Hal Sepele, Berawal dari Sampah

Kementerian Agama

Posisi keempat ditempati Kementerian Agama dengan anggaran mencapai Rp 65,1 triliun. Kementerian ini kini dipimpin oleh Fachrul Razi, Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kementerian Sosial

Posisi kelima ditempati Kementerian Sosial dengan anggaran mencapai Rp 62,8 triliun. Kementerian ini, antara lain menangani program bantuan sosial, seperti Program Keluarga Hargapan (PKH) dan program lainnya yang menelan anggaran cukup besar. Kini, Kementerian Sosial digawangi oleh Politikus PDIP Juliari Batubara.

Kementerian Kesehatan

Posisi keenam ditempati Kementerian Kesehatan dengan anggaran mencapai Rp 57,4 triliun yang dipimpin oleh Dokter Terawan Agus Putranto. Mayoritas anggaran ini diperuntukkan untuk penyelenggaraan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS Kesehatan).

Baca Juga:  Duh! Masyarakat di Purwakarta Keluhkan Banyaknya Pengguna Knalpot Brong

Kementerian Perhubungan

Posisi ketujuh ditempati Kementerian Perhubungan yang akan kembali dipimpin Budi Karya Sumadi. Kementerian ini akan mengantongi anggaran Rp 43,1 triliun.

Kementerian Riset

Posisi kedelapan ditempati Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Risdikti) dengan anggaran Rp 42,2 triliun. Kementerian ini dipimpin oleh Bambang Brodjonegoro yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri PPN/Bappenas.

Kementerian Keuangan

Posisi kesembilan ditempati Kementerian Keuangan dengan anggaran mencapai Rp 37,2 trilun dan kembali akan dimotori oleh Sri Mulyani.

Kementerian Pendidikan

Posisi kesepuluh ditempati Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan anggaran Rp 36,6 triliun. Kementerian ini kini dipimpin oleh Pendiri Gojek Nadiem Makarim. (Red)