Inilah Terobosan Dishub Kota Bandung Atasi Permasalahan Parkir Liar

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) pada Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara. (istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Kota Bandung menjadi salahsatu kota besar di Indonesia yang tentunya permasalahan terkait parkir liar sangatlah tinggi. Permasalahan inilah yang kemudian membuat Dinas Perhubungan Kota Bandung melakukan sebuah terobosan atau inovasi untuk mengangkut kendaraan-kendaraan yang terparkir liar dengan membuat kendaraan operasional derek otomatis hidrolik. 

Pembuat kendaraan derek otomatis hidrolik ini ialah Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) pada Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara. Dia mengaku keinginan pembuatan derek otomatis hidrolik ini sudah tercetus dua tahun lalu. Namun, dapat terealisasi akhir 2021 ini.

Baca Juga:  Bambang Tirtoyuliono Tegaskan akan Tertibkan Parkir Liar di Kota Bandung

“Alhamdulillah Desember 2021, saya sudah penuhi janji itu. Kendaraan ini merupakan derek otomatis yang notabene tak ada di Indonesia, dan ini menjadi karya anak bangsa,” ujarnya di lokasi pengujian KIR Dishub Kota Bandung, Gedebage, Jumat (24/12/2021).

Baca Juga:  BPBD Garut Siaga Potensi Bencana Alam Selama Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspada

Dia menjelaskan selama ini penderekan biasa dilakukan secara gendong maupun gantung. Padahal, dua jenis penderekan itu sifatnya permintaan ketika ada kendaraan yang mogok. Tetapi, kalau untuk penderekan otomatis hidrolik ini sifatnya pemaksaan bagi kendaraan yang memang berada di titik parkir liar.

Baca Juga:  Dishub Kota Bandung: Tidak Ada Kecelakaan Selama Masa Mudik Lebaran

“Jadi, nantinya kalau kendaraan terpakir di parkir liar enggak ada pemiliknya maka akan kami angkut. Tetapi, kalau ada pemiliknya itu akan secara langsung ditangani pihak kepolisian berupa tilang,” ujarnya.