Jadi Suami Dan Ayah Yang Baik Ala Kabid KB

JABARNEWS | PURWAKARTA – Selama ini program Keluarga Berencana (KB) selalu identik dengan kewajiban wanita. Tapi bila ingin jadi suami dan ayah yang baik, pria seharusnya juga ikut ber-KB.

Pernyataan itu diungkapkan Kepala Bidang Keluarga Berencana, Dinas Penanggulangan Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Alit Sukandi.

Menurut dia, KB pria merupakan salah satu fokus dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta saat ini. Pihaknya ingin mengajak penduduk pria di Kabupaten Purwakarta aktif ber-KB.

Baca Juga:  Penerjemahan Kitab Babad Padjadjaran Dinilai Bisa Cairkan Pertikaian Jawa dan Sunda di Masa Lalu

“Saya suka istilahkan begini ‘Menjadi seorang laki-laki itu mudah, tapi jadi seorang suami dan ayah yang baik itu sulit’. Nah, salah satu cara untuk jadi suami yang baik, ayah yang baik ya ikut ber-KB. Bukan suruh ibunya,” kata Alit, saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (5/9/2018).

Kabid KB menjelaskan, bila seorang suami yang ber-KB maka istrinya tak perlu lagi repot-repot setiap bulan harus minum obat atau suntik KB.

Baca Juga:  Inilah Fungsi Kantong Kecil di Blok CVT Motor Matik

Selain itu, dengan mengatur jumlah anak, artinya risiko kematian ibu saat melahirkan pun menjadi semakin kecil.

“Bila kelahirannya diatur berarti kita menurunkan risiko kematian ibu. Jadi kan kita berusaha untuk menjadi suami yang baik. Masa istrinya sudah ‘dipakai’ terus habis itu masih disuruh risiko mati, kan tidak lucu,” ujaranya.

Alit mengajak laki-laki di Kabupaten Purwakarta, benar-benar bisa menjadi suami dan ayah yang baik dengan aktif ber-KB.

Baca Juga:  Korban Angin Puting Beliung di Sergai Dapat Bantuan Material Bangunan

“Kita harus membangkitkan kesadaran masyarakat bahwa kesehatan reproduksi bukan hanya tanggung jawab isteri tetapi merupakan tanggung jawab bersama suami dan isteri. Selain itu, program KB tak hanya sekadar cukup dua anak, tapi juga bisa sebagai cara untuk membentuk keluarga yang sehat dan tangguh,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat