Jangan anggap Sepele, Tiga Kebiasaan Pagi Ini Bisa Picu Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Kanker merupakan penyakit paling berisiko menyebabkan kematian kedua di dunia. Di tahun 2015 angka kematian akibat kanker mencapai 8,8 juta.

Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kanker. Misalnya kebiasaan buruk, berat badan, makanan yang kurang sehat, kurang aktivitas fisik, merokok dan konsumsi alkohol yang berlebih.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa kebiasaan yang bisa picu kanker yakni:

Pertama. Bangun Tidur di Depan TV – Seseorang yang terbiasa tertidur di depan TV atau komputer, kemudian terbangun dengan kondisi TV yang masih menyala, bisa berisiko terkena kanker.

Baca Juga:  AEON MALL Deltamas Mulai Beroperasi Hari Ini, Dani Ramdan: Jadi Magnet Baru Investor di Bekasi

Studi menunjukkan kalau mengekspos tubuh di depan layar TV pada malam hari meningkatkan risiko kanker tertentu, seperti payudara dan prostat. Penelitian ini dimuat dalam jurnal Environmental Health Perspectives.

Kedua. Mengonsumsi Minuman Panas – WHO mengatakan kalau minuman panas seperti kopi, teh dan coklat termasuk dalam daftar penyebab kanker. Badan Internasional untuk Riset Kanker (IARC), terdiri dari 23 ilmuwan dari 10 negara, mengkaji sekitar 1.000 studi yang menyelidiki hubungan antara minuman dengan suhu tinggi dan potensi keterkaitannya dengan kanker.

Baca Juga:  Masa Pandemi, Herman Berikan Penghargaan Wajib Pajak Terbaik

Berdasarkan bukti yang ada, mereka menyimpulkan kalau meminum minuman yang sangat panas dikaitkan dengan risiko kanker kerongkongan yang lebih tinggi. Tentunya kalian perlu waspadai.

Ketiga. Melewatkan Sarapan – Hasil penelitian menunjukkan kalau melewatkan sarapan bisa dikaitkan dengan meningkatnya risiko kematian akibat penyakit peredaran darah dan kanker. Japan Collaborative Cohort (JACC) Study for Evaluation of Cancer Risks melakukan penelitian tersebut di Jepang.

Baca Juga:  Baznas Jabar Tetapkan Zakat Fitrah Tahun 2022, Berikut Besarannya untuk Setiap Daerah

Tidak melakukan sarapan di pagi hari juga dihubungkan dengan penyebab lain yang bisa menambah kemungkinan terkena kanker seperti aktivitas fisik, durasi tidur, jadwal kerja, asupan energi total, waktu makan malam, dan frekuensi makanan ringan. (Red)