Jaringan Infrastruktur Pasif Telekomunikasi Sepanjang 274 Km Mulai Dibangun di Kota Bandung

Pembangunan di Kota Bandung
Jaringan Infrastruktur Pasif Telekomunikasi Sepanjang 274 Km Mulai Dibangun di Kota Bandung. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmi memulai proyek Penyelenggaraan Infrastruktur Pasif Telekomunikasi (IPT) di Jalan Merdeka, Jumat (21/6/2024).

Dalam penyelenggaraan Proyek IPT ini Pemkot Bandung bekerja sama dengan PT. Bandung Infra Investama (BII) dan PT. Jaringan Pintar Bersama (JPB).

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Jumat 19 Agustus 2022

Merujuk PP No 46 Tahun 2021 tentang Postelsiar, infrastruktur pasif telekomunikasi merupakan bangunan di atas dan bawah tanah sebagai sarana penunjang menempatkan perangkat telekomunikasi. Beberapa contoh di antaranya gorong-gorong (ducting), menara, tiang, lubang kabel (manhole), dan terowongan (tunnel).

Baca Juga:  Duh! Kekek 70 Tahun Jadi Tersangka Kasus Penyerangan Pegawai Kejaksaan di Purwakarta

Direktur Utama PT. BII, Asep Wawan Darmawan menjelaskan, pembangunan infrastruktur telekomunikasi akan berlangsung selama tiga tahun hingga Mei 2027. Yaitu mencakup 148 ruas jalan dengan panjang jalan 137 km serta total panjang jaringan 274 km.

Baca Juga:  Ada Upaya Penjegalan Anies Baswedan, Demokrat Jabar Minta Perlindungan Hukum ke MA

“Ini adalah langkah besar untuk mengurangi kabel udara di kota ini, memperindah estetika kota, dan meningkatkan efisiensi pengelolaan jaringan telekomunikasi,” jelas Asep.