Jelang Pemilu, 16 Parpol Di Majalengka Kumpul Di Munjul

JABARNEWS | MAJALENGKA – Pemilu tahun 2019 yang meliputi Pileg dan Pilpres pada 17 April nanti, diharapkan tetap kondusif dan damai. Anarkis maupun situasi negatif lainnya, sama sekali jangan pernah terjadi, mengingat pemilu merupakan pesta demokrasi yang harus terjaga dalam situasi dan kondisi yang aman.

Hal ini terungkap dalam acara Fokus Grup Diskusi (FGD) yang berlangsung di salah satu hotel wilayah Munjul, Senin (8/10/2018). Selain KPU, Bawaslu, diskusi ini dihadiri oleh Kapolres Majalengka, Dandim 0671 Majalengka, dan Dinas Kominfo Kabupaten Majalengka serta 16 partai politik (parpol).

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Resmikan Gedung PAUD CSR Indo Barat Rayon

Kapolres Majalengka, AKBP Noviana Tursanurohmad, mengatakan sesuai dengan tema “Jadikan Partai Politik Sebagai Teladan Bagi Masyarakat Dalam Menciptakan Pesta Demokrasi Yang Aman Damai Dan Sejuk,” maka pihaknya mengajak 16 partai politik duduk bersama untuk menciptakan pileg dan pilpres damai, aman dan sejuk.

“Dalam Pileg dan Pilpres beda pilihan adalah hal yang wajar, itulah demokrasi, namun harus tetap terjalin kebersamaan menciptakan situasi yang kondusif.” ungkapnya.

Kapolres menambahkan, ‎pada intinya forum santai ini duduk bersama sambil diskusi ini diharapkan memberi teladan bagi para petinggi parpol, untuk kemudian disampaikan kembali kepada jajaran kader di bawahnya.

Baca Juga:  Nadiem Makarim: Aturan Perkuliahan Tatap Muka Sedang Disusun

“Saya mengajak bergandengan tangan. Sampai saat ini belum ada laporan kontestan ke kami. Tapi pada intinya mari jaga situasi aman dan lancar, berkaitan Pileg dan Pilpres,” ujarnya.

Dandim 0671 Majalengka, Letkol Arm Novi Herdian, mengatakan, TNI punya fungsi yang sama dalam setiap pemilu yakni netral. Pihaknya tetap berkordinasi terpadu dengan Polri untuk bersama-sama mengajak agar semua parpol tetap rukun.

Baca Juga:  Kenapa Tidak Boleh Mudik Lebaran? Ini Penjelasan Doni Monardo

“Bagaimana meletakkan alat peraga sesuai aturan, serta membutuhkan informasi pelaksanaan kampanye, biarkan persaingan berjalan namun tetap aman, damai, dan sejuk. Silakan buka komunikasi dengan siapapun, karena tujuan kita sama, menciptakan pemilu yang aman, damai dan kondusif,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Majalengka, Dandim, didampingi Ketua KPU dan Bawaslu Kab. Majalengka bersama 16 parpol menandatangani deklarasi Damai Pileg dan Pilpres Tahun 2019. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat