Jembatan Gantung Kaca Pertama di Indonesia Sepanjang 120 Meter

Jembatan gantung kaca pertama di Indonesia.
Jembatan gantung kaca pertama di Indonesia. (dok Kementerian PUPR)

JABARNEWS │ JATIM – Bagi yang memiliki adrenaline junkie, bisa mencoba melintas di atas Jembatan Seruni Point ini. Dengan lantai terbuat dari kaca, jembatan ini membentang di atas jurang berkedalaman 80-100 m. Jadi, pengunjung bisa langsung melihat ke jurang di bawahnya.

Baca Juga:  Lihat Aksi Pencuri Ini Gunakan Mukena untuk Masuk ke Rumah Tetangga

Jembatan dengan berkapasitas 100 orang dalam sekali jalan ini memiliki panjang 120 m, lebar 1,8 meter, dan lebar 3 meter pada bagian tengah jembatan. Namun tidak perlu khawatir. Meskipun terbuat dari kaca, jembatan ini terbilang.

Sistem struktur lantai atau deck jembatan merupakan kaca pengaman berlapis (laminated glass) yang terdiri dari minimal dua lembar kaca.

Baca Juga:  Hadirnya Personil Polres Purwakarta Membuat Peserta Pawai Obor & Bedug Lebih Tenang

Lembar-lembar kaca ini direkatkan satu sama lain dengan menggunakan satu atau lebih lapisan laminasi (interlayer) dengan total ketebalan 25,55 mm.

Tentunya jembatan ini dibangun dengan perhitungan perencanaan yang komprehensif sesuai standar yang berlaku. Dilakukan juga proses uji laboratorium sehingga jembatan ini aman untuk difungsikan buat para wisatawan.

Baca Juga:  Pengelola Terminal Ungkap Alasan Tiket Bus di Cicaheum Ludes Terjual, Karena Ini

Struktur jembatan dilengkapi double protection steel berupa baja galvanis yang dilapisi cat epoxy agar lebih tahan terhadap karat.