Status Gunung Semeru Terbaru, Erupsi 90 Detik dan Ketinggian Abu 500 Meter

Gunung Semeru
Gunung Semeru kembali erupsi. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ JATIM – Gunung Api Semeru di Jawa Timur kembali erupsi pada Jumat (25/11/2022) sekitar pukul 07:02 WIB. Ketinggian kolom abu gunung tertinggi di pulau Jawa tersebut teramati sekitar 500 meter di atas puncak atau sekitar 4.176 m di atas permukaan laut (mdpl).

Baca Juga:  Delapan Orang Sindikat Joki UTBK-SBMPTN Ditangkap

Sementara kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur laut. Dikutip dalam laman magma.esdm.go.id, erupsi yang memiliki ketinggian 3.676 meter ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dengan durasi 90 detik.

Berikut adalah beberapa imbauan bagi warga yang berada di sekitar Gunung Merapi.

  1. Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.
  2. Tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah atau puncak Gunung Api Semeru, karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).
    Baca Juga:  Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem, Jawa Barat Gandeng BRAC International Asal Bangladesh