Kawal Keamanan Siber, Pemerintah Kota Bandung Launching CSIRT

Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana saat saat peluncuran Bandung Kota CSIRT di Balai Kota Bandung, Rabu (15/12/2021). Istimewa

Sementara itu, Kepala Bidang Keamanan dan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Tiomaida Seviana mengungkan, hadirnya CSIRT merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo.

CSIRT memberi keamanan siber yang juga berisi perlindungan data pribadi. Sehingg kerja sama di bidang siber adalah suatu keharusan.

Baca Juga:  Kapolres Akui Pantai Selatan Tasikmalaya Rawan Penyelundupan Narkoba

“Di Jawa Barat, adanya CSIRT adalah untuk mendukung Jabar sebagai digital province. Sebab insiden siber sering terjadi di manapun. Data Disdukcapil, Polri bahkan direstas. Ini membuat kita harus meningkatkan kekuatan siber dan kolaborasi di antara kita,” ujarnya.

Baca Juga:  Vaksin Sinovac 1,8 Juta Dosis Tiba di Indonesia, Siap Disebar ke 34 Provinsi

Ia mengungkapkan, serangan siber di Jawa Barat meningkat pada triwulan kedua tahun 2020 saat pandemi Covid 19 di mulai di Indonesia hingga triwulan pertama tahun 2021.

Baca Juga:  Catatan Bulan Lalu, Dinkes Sebut Kasus DBD di Kota Bandung Meningkat, Warga Diminta Antisipasi Ini

“Namun setelah diterapkan masa pembatasan sosial berskala besar dan adaptasi kebiasaan baru, serangan siber ini meningkat dengan dramatis,” tandasnya.