Kawal Keamanan Siber, Pemerintah Kota Bandung Launching CSIRT

Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana saat saat peluncuran Bandung Kota CSIRT di Balai Kota Bandung, Rabu (15/12/2021). Istimewa

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung siap menjadi pilot project dalam bidang teknologi dengan menghadirkan Computer Security Incident Response Team (CSIRT), guna mengawal keamanan siber.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana mengatakan, teknologi tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. Apalagi Kota Bandung dikenal sebagai kota jasa serta pendidikan dan tecatat dari 80 persen warganya aktif sebagi pengguna internet.

Baca Juga:  Yonif 321 Renovasi Rumah Nenek Rumsilah

Dengan adanya internet, terang Yayan aktifitas dalam segala bidang terbantu, namun di sisi lain terdapat bahaya hacker di dunia siber yang mengancam keamanan.

Baca Juga:  Duh! DKPP Jabar Sebut 2.816 Hewan Ternak Tertular Penyakit PMK

“Hadirnya CSIRT ini adalah tindakan preventif dan proaktif dalam pemulihan dan penanganan. Sebab ada saja pihak yang bertujuan tidak baik. Maka dari itu, kita harus siap dan memiliki benteng atau kekuatan untuk menghalau hal tersebut,” jelas Yayan saat peluncuran Bandung Kota CSIRT di Balai Kota Bandung, Rabu (15/12/2021).

Baca Juga:  Dihadapan Budayawan Sunda, Ridwan Kamil Sepakat Lestarikan Karya Pujangga

Yayan berharap CSIRT dapat memgantisipasi masalah yang akan terjadi dan mengawal pembangunan teknologi informasi di Kota Bandung agar berjalan aman, efektif dan efisien.