Kebakaran Lahan di Purwakarta, Berawal dari Bakar Sampah

Babinsa Desa Citalang, Serka Mamat saat membantu petugas pemadam kebakaran padamkan api. (Foto: dok Kodim 0619/Purwakarta)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Berawal dari pembakaran sampah, lahan kosong yang ditumbuhi ilalang kering di wilayah Desa Citalang, Kabupaten Purwakarta, terbakar pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Ilalang yang mudah terbakar membuat api cepat membesar dan merambat. Lahan kosong yang diperkirakan seluas 1 hektare tersebut hampir seluruhnya terbakar.

Komandan Kodim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi melalui Danramil 1906/Sukatani, Kapten Arm Amarudin mengatakan, kejadian kebakaran lahan kosong tersebut berawal dari adanya pembakaran sampah di lokasi tersebut.

“Pada saat pembakaran sampah berdekatan dengan semak-semak ilalang yang mudah terbakar. Diketahui api cepat membesar karena kondisi angin cukup kencang pada saat itu, beruntung tak ada permukiman di dekat titik api,” ucap Amarudin.

Ia menyebut api berhasil dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan Kabupaten Purwakarta dibantu Serka Mamat Babinsa Desa Citalang dan masyarakat berjibaku selama hampir 2 jam.