Kecamatan Rancasari Klaim Sebagai Kecamatan Layak Anak

JABARNEWS | BANDUNG – Kecamatan Rancasari Kota Bandung mengklaim wilayahnya merupakan kecamatan layak anak. Pasalnya, segala fasilitas dan edukasi untuk anak-anak tersedia. Kecamatan di kawasan Bandung Timur ini menjadi kini tengah berupaya menjadi juara tingkat nasional.

“Kita sebagai kecamatan layak anak, tahun ini sedang diverifikasi layak anak untuk tingkat nasional. Kami mengatakan demikian karena mempunyai dan memfasilitasi kebutuhan anak,” tutur Camat Rancasari Sri Kurniasih pada Bandung Menjawab di Balai Kota, Selasa (23/10/2018).

Baca Juga:  Anggota Baru Korem 084/Bhaskara Jaya Disuguhi Litpers

Sri menambahkan, ada lima cluster, kategori kecamatan layak anak yakni punya hak sipil dan kebebasan lingkungan keluarga, pengasuhan alternatif, kesehatan dasar kesejahteraan pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan seni budaya perlindungan khusus bagi anak-anak.

Baca Juga:  Musim Hujan? Inilah Tips Mencuci Agar Baju Tidak Apek

“Alhamdulilah di kami tidak ada kasus kekerasan terhadap anak. Ia itu jadi kategori penilaian, sehingga dinilai sebagai kecamatan layak anak,”

“Kecamatan Rancasari punya juga fasilitas tempat bermain anak, alat permainan. Dan kami membuka pintu bagi anak-anak untuk belajar bermain membaca di sini (Kecamatan Rancasari, red),” jelasnya.

Baca Juga:  Aksi Berlangsung Damai, Kapolres Purwakarta Apresiasi Mahasiswa

Di Kecamatan Rancasari jumlah anak mulai usia 0 – sebelum 18 tahun ada 1/3 dari jumlah penduduk kecamatan atau tepatnya 23 ribu dari 69 ribu jiwa.

Selain Kecamatan Layak Anak, Kecamatan Rancasari juga sudah tiga tahun berturut-turut dan mendapat juara bertahan sebagai kecamatan eko office. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat