Kemenag Bakal Lakukan Pemantauan Hilal 1 Ramadan 1443 Hijriah di Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha menjadi tempat pemantauan hilal pada 1 April 2022. (Foto: wikipedia.org)

JABARNEWS | BANDUNG –  Observatorium Bosccha Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi satu dari sejumlah tempat pemantauan hilal 1 Ramadan 1443 Hijriah. Pemantauan hilal akan berlangsung pada 1 April 2022 mendatang.

Kementerian Agama berencana melakukan pemantauan hilal 1 Ramadan tahun ini di 101 titik seluruh Indonesia. Adapun pada pelaksanaannya pemantauan akan menggandeng sejumlah instansi terkait lain dan organisasi masyarakat Islam setempat.

Baca Juga:  Kemenag akan Gelar Rukyatul Hilal Penentuan Awal Zulhijah di 86 Titik

Pemantauan hilal merupakan satu dari cara penentuan awal bulan dalam kalender Islam. Adapun yang dimaksud hilal yakni bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi pada arah dekat matahari terbenam.

Baca Juga:  Pemkot Depok Sosialisasikan Penetapan UMK 2020

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib. Pada prosesnya Kementerian Agama melakukan pemantauan hilal dari pusat hingga kabupaten/kota.

Baca Juga:  Masuki Musim Kemarau Basah, Air Bersih di Kota Bandung Bakal Sulit? Ini Penjelasan BMKG

Ia menjelaskan bahwa hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil pemantauan hilal akan menjadi masukan dalam sidang isbat untuk menentukan awal bulan Ramadhan.