Keren… Warga Bogor Buat Alat Deteksi Banjir, Langsung Dipasang di Sungai Ciheuleut

Pemasangan Alat Deteksi Banjir di Sungai Ciheuleut. (Foto: Istimewa/Bogordaily).

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi pihak BPBD bersama Forum PRB memasang alat Early warning system di jembatan aliran sungai Ciheuleut dan sambungan dari danau Bogor.

“Ini kita pasang untuk memberi peringatan kepada warga sekitar. Artinya ketika hujan turun, kemudian debit air meningkat hingga tinggi melebihi jembatan maka alarm tersebut akan berbunyi, sehingga warga di sekitar dapat mengetahui dan langsung mengevakuasi barang-barang berharga miliknya,” kata Teofilo dikutip JabarNews.com dari Bogordaily.net, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga:  Terendam Banjir 1 Meter, Warga Sei Rampah Serdang Bedagai Pilih Tinggalkan Rumah

Selain itu, alat deteksi dini banjir yang saat ini dipasang merupakan hasil karya warga Kota Bogor dalam hal ini teman-teman dari Forum Pengurangan Resiko Bencana (PBR) dari Kelurahan Panaragan.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Jabar Sabtu 6 Mei 2023 Akan Begini

Hanya saja, lanjut Teo, racikan alat deteksi dini banjir buatan Forum PBR belum masuk ke dalam uji kelayakan, tetapi dirinya ingin melakukan uji coba alat tersebut.

Baca Juga:  Buah Ini Mampu Atasi Masalah Keputihan Anda

“Iya memang belum uji kelayakan, tetapi kita berinisiasi lakukan uji coba. Jadi alat ini dipasang di jembatan, kemudian apabila airnya melawati jembatan alarmnya itu bunyi termasuk lampu yang terpasang akan nyala,” ungkapnya.