Kesal Jalan Tak Diperbaiki, Kemarahan Warga Cibalong Garut Meledak

JABARNEWS | GARUT – Kemarahan masyarakat Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut meledak. Kejadian itu merupakan eskalasi kekesalan setelah melihat jalan lintas kabupaten di perbatasan Desa Maroko dan Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, seperti kubangan kerbau.

Jalan itu tampak gundukan tanah dan genangan air bercumpur lumpur berwarna merah tak ubahnya seperti kumbangan kerbau dan sawah yang siap ditanami padi.

“Kalau musim hujan tiba, hampir di seluruh sisi jalan berair dan becek, belum lagi jalanannya tidak rata . Jalanan seperti ini cukup memakan waktu yang lama untuk melewatinya,” kata Mustofa, salah seorang pengendara truk saat melintas di jalan itu, Sabtu (15/09).

Baca Juga:  Polres Ciamis Amankan Pelaku Yang Siap Edarkan 48 Ribu Obat Terlarang

Saking kesalnya Musthofa bersama warga lainnya menanam padi di lokasi jalan becek itu.

Tokoh masyarakat Kampung Cibueuk RT04/06, Desa Maroko, Kecamatan Cibalong, Otang (48), membenarkan, adanya aksi para sopir yang menanam padi di jalan perbatasan Desa Maroko dan Desa Sagara itu.

Otang mengatakan, jalanan yang rusak parah ini sebagian besar konstruksinya berasal dari tanah merah, sehingga membuat pengguna jalan kesulitan.

Baca Juga:  Sambut HUT Ke-61 Kostrad, Yon Armed 9 Pasopati Ziarah ke Makam Pahlawan

“Di Desa Maroko sendiri belum pernah ada perbaikan jalan. Perkirakan kurang lebih dua puluh kilo meter jalanan ini mengalami rusak parah. Kadang para sopir biasanya bermalam di jalan jika musim hujan karena jalan sama sekali tidak bisa dilintasi,” ujar Otang, Sabtu (15/9/2018).

Dikatakan Otang, ini adalah sebuah PR untuk pemerintah ke depan. Pasalnya, jalur itu adalah jalan lintas kabupaten. Bahkan, saat ini, banyak sekali wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke Lokasi wisata Kabupaten Garut.

Baca Juga:  Gara-gara Soal Sepele, Pria Ini Tewas Mengenaskan

“Saya selaku masyarakat merasa malu melihat kondisi ini, dengan masuknya para wisatawan dari luar daerah utamanya dari kabupaten lain,” ungkapnya.

Otang menambahkan, dirinya atas nama warga Kecamatan Cibalong minta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Garut untuk mengambil sebuah tindakan guna membangun infrastruktur jalan di wilayah pantai Garut Selatan tersebut. (Tgr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat