Keterbukaan Informasi, Pemkab Purwakarta raih penghargaan dari Pemprov Jabar

Penghargaan Purwakarta sebagai Kabupaten Informatif. (Foto: Dok Humas Pemkab Purwakarta)

“Alhamdulillah, dengan diraihnya penghargaan ini, semoga dapat menjadi motivasi bagi PPID Kabupaten Purwakarta dan PPID Pembantu untuk lebih baik lagi dalam menyajikan informasi publik, baik Informasi yang disajikan secara berkala, serta merata, dan setiap saat,” kata Ambu Anne, Pada Jumat, 9 Desember 2022.

Bupati juga menegaskan dalam rangka upaya memaksimalkan implementasi keterbukaan informasi publik, jajarannya juga akan terus melakukan upaya-upaya peningkatan kapasitas SDM operator TIK pada badan publik di Purwakarta dengan berbagai pelatihan dan peningkatan kapasitas.

“Sebelumnya, jajaran Diskominfo juga telah menggelar berbagai pelatihan dan peningkatan kapasitas PPID mulai dari Perangkat Daerah, Kecamatan hingga Kelurahan. Tentunya dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya,” Jelas Ambu Anne.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono mengungkapkan, selain PPID pada Perangkat Daerah, Kecamatan dan Kelurahan, keberadaan PPID di tinggkat Pemerintahan Desa juga akan memudahka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit, karena dilayani lewat satu pintu.

“Untuk mendorong Keterbukaan Informasi Publik (KIP) hingga ke tingkat pemerintahan desa, sebelumnya kami telah mengundang 183 kepala desa untuk mengikuti sosialisasi peraturan komisi informasi nomor 1 tahun 2018 tentang standar layanan informasi publik desa. Hal ini, untuk menjamin pemenuhan hak masyarakat desa akan kebutuhan informasi yang akurat,” kata Rudi.