Lima Cara Merawat Dan Membersihkan Karat Pada Mobil

JABARNEWS | BANDUNG – Merawat mobil merupakan salah satu hal rutin bagi para pemilik atau pengendara mobil agar tidak berkarat. Karat merupakan masalah yang cukup besar, karena hal tersebut bisa membuat banyak masalah salahsatunya bisa merusak warna dari mobil tersebut bahkan hingga mengelupas.

Oleh sebab itu kita haru pintar-pintar merawat mobil kita, dilansir dari beberapa sumber berikut segelintir cara untuk menjaga mobil kita agar tidak berkarat:

Pertama. Berikan Pelumas di Beberapa Bagian – Bagian engsel mobil seringkali menimbulkan karatan karena daerahnya sangat tersembunyi dan jarang diperhatikan. Namun Sahabat tidak perlu khawatir hal tersebut terjadi lagi jika selalu mengoleskan oli pada bagian engsel untuk mencegahnya.

Baca Juga:  Longsor Tebing Tutupi Akses Jalan Warga Dua Desa di Sumedang

Kedua. Cuci Mobil Berkala – Jika memang kalian ingin mencuci mobil, sebaiknya lakukan pada pagi atau siang saja. Karena air yang ada pada bagian dalam mobil dan sulit dilap tentu saja akan kering lebih cepat jika dicuci pada pagi atau siang hari.

Ketiga. Cuci Mobil Setelah Hujan – Air hujan sendiri memang cepat dapat menimbulkan karatan bagian mobil. Jika Sahabat menggunakan mobil saat hujan, alangkah baiknya segera untuk mencucinya agar terhindar dari karat.

Baca Juga:  BKKBN Jabar Raih Penghargaan WBK dari KemenPAN-RB

Tak peduli mobilnya merk apa dengan harga berapa, karat bisa jadi masalah yang sangat serius. Bukan hanya berpengaruh pada penampilan, karat juga bisa menyerang komponen kendaraan yang mengakibatkan terganggunya fungsi komponen tersebut.

Keempat. Cuka – Bahan dan alat yang digunakan untuk menghilangkan karat mobil menggunakan cuka adalah air, sikat, lap khusus, dan pastinya cuka. Jangan lupa untuk mencampur cuka dengan air agar encer terlebih dahulu. Kandungan asam sitrat atau asam asetat pada cuka punya efek ampuh untuk menyingkirkan karat.

Baca Juga:  Pembelajaran Tatap Muka Harus Utamakan Keselamatan Siswa

Kelima. Lemon atau Jeruk Nipis – menggunakan jeruk nipis atau lemon untuk membersihkan noda pada pakaian, sekarang kamu juga bisa memanfaatkan kedua buah tersebut untuk menghilangkan karat mobil. Pertama, taburi permukaan bagian yang berkarat dengan garam terlebih dahulu, kemudian rendam di dalam air jeruk nipis atau air lemon.

Penulis: Muhammad Amaludin