Maknyusnya Soto Tangkar Ala Warung Salse Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Siapa yang tak kenal dengan Soto Tangkar? Ya, makanan asal Betawi ini merupakan makanan yang diolah dari iga sapi. Inilah menu andalan Warung Salse yang berlokasi di Jalan Dago Giri, Mekarwangi, Kabupaten Bandung Barat.

Untuk satu prosinya, makanan ini berisi potongan iga sapi dibalut dengan daging sapi yang cukup padat. Biasanya, makanan ini dihidangkan dengan nasi yang dibentuk kerucut dan ada taburan bawang goreng. Sebagai pelengkap, disandingkan dengan sayuran seperti wortel dan kentang.

Soto ini memiliki ciri khas kuahnya yang bening dengan sedikit kemerahan. Itu karena, kuah Soto Tangkar ini memiliki campuran bumbu merah dan rempah-rempah berupa irisan daun bawang, kemangi, dan seledri.

Baca Juga:  Kadispora Garut Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi

Ada beberapa proses yang harus dilewati sebelum makanan ini dihidangkan. Iga sapi yang terkenal keras itu, dilunakkan dengan presto yang diberi campuran rempah-rempah.

’’Kemudian, direbus bersama wortel, bawang bombay, bawang putih, seledri, daun bawang, dan dicampur sedikit garam,” ujar seorang juru masak di Warung Salse Bandung, Yogi Supriatna.

Proses presto daging sapi ini tidak sebentar. Melainkan memakan waktu antara tiga hingga enam jam. ’’Tergantung dari banyaknya iga sapi. Kalau banyak ya diprestonya bisa hingga enam jam,’’ tuturnya.

Baca Juga:  Ema Sumarna: Kepala Dinas Wajib dan Harus Turun ke Lapangan !

Belum selesai sampai di situ. Setelah direbus, iga sapi digoreng sesaat yang kemudian dibakar. Proses ini harus dilewati karena mencegah iga lengket dengan pemanggangan.

’’Daging iga kemudian dibakar untuk mengurangi kadar minyak. Setelah itu direbus kembali dengan kuah yang sudah dicampur bumbu merah,’’ tuturnya, seraya menambahkan, bumbu merah itu merupakan salah satu bumbu racikan khas Warung Salse Bandung.

Untuk membuat taste makanan, diberi pula rempah-rempah lainnya seperti star anis, cengkeh, pala, dan kapulaga. Makanan ini memiliki aroma yang sangat kuat karena diberi irisan daun bawang, seledri, dan daun kemangi.

Baca Juga:  3 Fakta dan Mitos Mengenai Muncul Jerawat di Wajah, Salah Satunya Banyak yang Dipercaya

Makanya tak heran, bila rasa gurih daging iga sapi menjadi satu dengan kuahnya. Dagingnya memang dibakar, tapi jangan salah, teksturnya sangat empuk terasa hingga ke serat dagingnya yang padat.

Bumbu kuahnya benar-benar meresap pada tulang iga. Untuk harga satu porsinya, cukup merogoh kocek Rp 50.000. Dijamin, selain maknyus, Soto Tangkar ini sangat cocok untuk ’mengobati’ lapar. (Tri)

Jabarnews | Berita Jawa Barat