Manfaatkan Social Commerce, Ninja Xpress Siap Bantu Pemberdayaan UKM Jawa Barat

Media gathering Ninja Xpress di Kota Bandung pada Selasa (19/3/2024). (Foto: Rian/JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi, Ninja Xpress meluncurkan hasil riset Suara UKM Negeri Vol 4 yang membahas tentang ‘Seluk Beluk Social Commerce di Indonesia’.

Bekerja sama dengan Milieu Insight, studi ini melibatkan lebih dari 600 responden yang berasal dari para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berjualan secara online untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pemanfaatan social commerce untuk menjangkau target market dan meningkatkan penjualan.

Baca Juga:  Disnaker Jabar Terima Aduan 305 Perusahaan Belum Bayar THR Pegawai

Istilah social commerce merupakan platform yang dimulai dari unsur sosial dan digunakan untuk mengembangkan basis pengguna sehingga dapat dimonetisasi untuk berjualan.

Baca Juga:  Potensi Diguyur Hujan Lebat, Sekda Jabar Imbau Masyarakat Waspada Saat Arus Balik Lebaran

Berdasarkan riset Suara UKM Negeri Vol 3 tentang ‘Bagaimana Masa Depan pembelanja online atau e-shopper di Indonesia?’ Menemukan mengenai kelompok E-Shopaholics yang merupakan kelompok pembeli online (e-shoppers) yang sudah terbiasa dan terus menerus berbelanja online.

Baca Juga:  Momentum HUT RI ke-77, Setiawan Wangsaatmaja: Pandemi Covid-19 Jadikan Bangsa Indonesia Tangguh dan Tahan Banting

Dalam riset tersebut, ditemukan bahwa media sosial adalah mesin pencari masa kini bagi para e-shopaholics dan mereka terbiasa berbelanja multi-platform yaitu di marketplace ataupun di social media.