Mantap… Kopi Jabar Mendunia, Nilai Ekspor Capai 40 juta dollar AS

Kopi Jabar Mendunia. (Foto: 3copas).

“Dari 2014 hingga 2021, sekitar 15 juta bibit kopi sudah disebarkan di 13 kabupaten dan kota. Sudah ada yang panen dan menjadi bagian dari ekspor kopi Jabar,” tegasnya.

Saat ini luas tanam kopi di Jabar mencapai hampir 50 ribu hektare dan menghasilkan 22.280 ton kopi. Ada 13 jenis kopi yang ditanam di Jabar.

Baca Juga:  Ridwan Kamil dan Tokoh Sunda Tentang Kelompok Mengatasnamakan Islam yang Memecah Belah Bangsa

“Saya mengapresiasi event CoE Winners ini. Menjadikan kopi Janar semakin kompetitif. Efek domino dari pertanian kopi sudah dirasakan, dari kalangan petani hingga pengusaha besar dan kecil,” tuturnya.

Baca Juga:  Paguyuban Advokat Sunda Indonesia Bangun Persatuan dan Persaudaraan

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar Herawanto menambahkan dalam jangka panjang, outcome dari rangkaian kegiatan seperti COE ini adalah untuk meningkatkan kualitas kopi Indonesia agar dapat bersaing di kancah internasional dan dapat menjadi percontohan bagi wilayah lain.

Baca Juga:  Soal Rencana Vaksin Covid-19 Berbayar di Tahun 2024, Ini Kata Bey Machmudin

“Mengembangkan pertanian kopi serta industri pariwisata berkelanjutan dalam rangka mendukung sustainable agriculture_dan _green economy, serta mengoptimalkan ekspor kopi Indonesia dan mendorong substitusi impor kopi untuk mendukung industri kopi dalam negeri sekaligus berkontribusi memperbaiki defisit transaksi berjalan,” tandasnya. (Red)