MDK 2022, Ajang Para Santri Tumbuhkan Semangat Perjuangan Bagi Pesantren

Santri dan santriwati baru Pondok Pesantren Kholafiyah Miftahul Hasanah mengikuti Mabadi Dirosah Kholafiyah (MDK) Tahun 2022. (Foto: Istimewa).

“Ahl Ash Shuffah santrinya rosul yang berjumlah 400 santri. Kemudian, membawa ajaran Islam ke daratan Indonesia melalui Wali Songo. Dan, Alhamdulillah akhirnya kita semua bisa mengikuti jejak para Sholihin, para Auliya-nya Allah SWT,” tambahnya.

Selanjutnya, acara di malam hari diisi dengan muhasabah atau introspeksi diri. Diantaranya, melalui penyampaian kepribadian dan kepemimpinan para peserta didik.

Baca Juga:  Pemerintah Pusat Terus Upayakan Bantuan Ke Lombok

“Mereka disini diajarkan tentang moral dari hal kecil, seperti membuang sampah harus pada tempatnya dan di pagi hari harus melakukan senam kebugaran,” tuturnya.

Baca Juga:  Fosil Hewan Purba Berusia Jutaan Tahun Ditemukan di Sumedang, Ternyata Seekor...

Kemudian, terakhir ada masa ta’aruf atau perkenalan bagi santri yang juga sekolah di Madrasah Aliyah dan SMP IT. “Saya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini. Alhamdulilah semuanya berjalan lancar karena kompaknya panitia,” ucapnya.

Baca Juga:  Bima Arya Siap Maju Jadi Caketum PAN

Sementara itu, Pimpinan Harian Pondok Pesantren Kholafiyah Miftahul Hasanah, Hj. Ai Zakiyah Darajat mengatakan, tema dari MDK kali ini mengutip salah satu karya ulama besar bernama Syekh Ibrahim Al Bajuri dalam kitab Jauhar Tauhid.