Melalui Vidio, Tingkatkan Minat Belajar Daring Siswa di SD IT An-Najah Purwakarta

Penulis : Nunung Nurjanah dibawah bimbingan Dr. Hafiziani Eka Putri,M.Pd.

Virus corona pertama kali muncul di kota Wuhan China akhir 2019 lalu, kemudian menyebar ke berbagai Negara dengan sangat singkat, di Indonesa virus corona pertama kali muncul pada bulan maret 2020. Berawal dari kasus pertama di Indonesia kemudian menyebar dengan sangat cepat ke berbagai daerah di Indonesia gejala-gejala yang dirasakan oleh penderita virus corona yaitu berupa flu, demam serta sesak nafas. Setiap hari kasus corona di Indonesia terus bertambah terhitung tanggal 19 november 2020 terdapat 479.000 kasus positif, 402.000 penderita yang berhasil sembuh serta 15.503 korban meninggal dunia (Sumber : Wikipedia.com)

Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan bentuk aktivitas dalam berbagai lini kehidupaan salah satunya yaitu proses pembelajaran, semenjak munculnya kasus pertama Covid-19 di Indonesia pemerintah mulai mengambil kebijakan untuk merubah proses pembelajaran dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dimaksudkan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Berkaitan dengan hal tersebut Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta berupaya untuk berkontribusi membantu para pendidik dalam melaksanakan pembelajaran secara daring melalui kegiatan kuliah kerja nyata (KKN).

Baca Juga:  Kata Oded M Danial Kasus Asusila Oknum Guru Pesantren di Kota Bandung Sudah Terkuak Sejak Mei 2021

Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilaksanakan pada tanggal 17 November 2020 sampai 17 Desember 2020 yang dilaksanakan di wilayah tempat tinggal masing-masing, yang diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 7, KKN yang dilaksanakan diberi nama KKN TEMATIK PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN DAMPAK COVID-19. Ada beberapa program yang harus diikuti oleh semua peserta KKN diantaranya yaitu program wajib dan program pilihan, pelaksanaan program wajib yaitu edukasi penanggulangan dampak covid-19 dibidang pendidikan, kegiatannya berupa pendampingan serta penguatan pembelajaran daring terhadap guru, orang tua, dan peserta didik, serta program pilihan berupa edukasi pencegahan covid-19 dan edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang ekonomi dan kesehatan.

Baca Juga:  Antisipasi Lonjakan Covid-19, Destinasi Wisata di Serdang Bedagai Wajib Pasang Aplikasi PeduliLindungi

Nunung Nurjanah salah satu mahasiswa KKN UPI Kampus Purwakarta dengan dibawah bimbingan dosen Dr.Hafiziani Eka Putri,M.Pd melaksanakan pendampingan pembelajaran daring di SD IT An-najah Citalang Purwakarta. Nunung melaksanakan pendampingan dengan membuat video pembelajaran sebagai media belajar anak di SD IT An-najah. Menurut wakil kepala sekolah SD IT An-najah Roby Gumelar, S.Pd. “Sekolah sangat menyembut penuh program kkn tematik yang dilaksanakan oleh UPI Kampus Purwakarta, karena hal tersebut merupakan langkah yang sangat baik dalam mengedukasi pencegahan dan penanggulangan dampak covid-19 pada ranah pendidikan khususnya pada siswa sekolah dasar”. Edukasi serta penguatan pada anak dilaksanakan melalui video call whatsapp secara bergiliran setiap minggunya. Selain itu juga video media pembelajaran tersebut di unggah ke kanal youtube kemudian link video dibagikan di grup whatsapp orang tua agar bisa diakses oleh siswa melalui bimbingan orang tua dari rumah masing-masing. Berikut link video pembelajaran yang Nunung gunakan untuk melaksanakan pendampingan pembelajaran daring:

Baca Juga:  DPRD Jabar Sarankan FKPPN Jabban Tempuh Jalur Hukum

Guru-guru di SD IT An-najah tampak antusias dengan hadirnya mahasiswa kkn UPI membantu mendampingi guru melaksankan pembelajaran daring. Menurut Gefri Anggriana, S.Pd. salah satu wali kelas di SD IT An-najah “di masa pandemi seperti ini siswa-siswi SD IT An-najah belajar secara daring, Alhamdulillah hadir mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN dari UPI untuk membantu pembelajaran daring”.

Program ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi kepada siswa serta orang tua mengenai pencegahan serta penanggulan covid-19. Semoga program ini dapat memberikan manfaat sehingga dapat mengurangi peningkatan penyebaran virus corona.

Isi tulisan ini menjadi tanggung jawab sepenuhnya penulis.