Mengurangi Tingkat Kecelakaan. ASTRA Tol Cipali Gandeng PJR Gelar Operasi ODOL di GT Palimanan.

Petugas Polisi Jalan Raya (PJR) Tol Cipali, saat lakukan giat operasi penindakan kendaraan ODOL Over Dimension & Overload. (Foto : Abdul Rohman/Jabarnews)

“Tercatat ada 32% kecelakaan terjadi di Tol Cipali yang diakibatkan oleh kendaraan dengan muatan yang berlebih, “katanya.

Sebagai pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan, kegiatan Operasi Odol ini, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan pada fasilitas keselamatan dengan memasang alat timbang WIM yang berada di Gerbang Tol Palimanan.

“Jika kendaraan golongan 3-5 terbukti melanggar dengan membawa muatan melebihi beban gandar atau overload akan langsung kami berikan sanksi berupa penilangan oleh rekan-rekan PJR Tol Cipali, “katanya.

Operasi penindakan kendaraan ODOL ini, lanjut Sri Mulyo. Kegiatan tersebut akan dilakukan secara rutin bersama dengan pihak PJR setiap bulan demi menjaga infrastruktur dan juga mempertahankan umur jalan di Tol Cipali serta menjaga ketertiban pengemudi untuk taat aturan muatan sehingga aman untuk berkendara.

“Alat timbang Weight in Motion (WIM) yang dipasang di Gerbang Tol Palimanan tidak hanya bisa mendeteksi beban kendaraan dan jenis kendaraan saja. Tapi, juga teknologi WIM ini juga dapat membaca nomor polisi kendaraan sehingga memudahkan pihak kepolisian dalam melakukan tindakan, “katanya.

Dengan terjalinnya sinergi antara ASTRA Tol Cipali dengan Kepolisian wilayah khususnya PJR Tol Cipali diharapkan angka fatalitas di Tol Cipali semakin berkurang sehingga memberikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan.