Menikmati Susu Segar Di Cipaisan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebuah pengalaman unik bagi Anda, jika bisa memeras susu kambing. Apalagi usai memeras susu segar tersebut bisa diminum.

Susu kambing yang diperas pun bukan kambing jenis biasa. Kambing tersebut adalah kambing jenis Etawa yang terkenal dengan bentuk tubuh lebih besar ketimbang jenis kambing lainya.

Agar bisa merasakan sensasi tersebut, Anda bisa datang ke rumah produksi susu Kambing Etawa di Jalan Basuki Rahmat Gang Gelatik, Cipaisan, Kabupaten Purwakarta. Seorang pengunjung yang masih anak-anak bernama Akbar (6) mengaku senang bisa memeras susu kambing.

Baca Juga:  Pasar Jepang Mulai Lirik Rokok dengan tembakau Garut, Ini Kata Disperindag ESDM

“Gak takut sih om sama kambingnya. Karena habis itu bisa minum susu kambing yang enak dan sehat,” jelasnya beberapa waktu lalu

Usai memeras susu, susu Kambing Etawa tidak bisa langsung diminum begitu saja. Seorang karyawan rumah produksi susu, Jana Trisna (33) akan menyaringnya dengan kulambu.

Baca Juga:  Sabu Bawa Sabu 28 Kg Ditangkap Polisi Serdang Bedagai, Ngaku Dapat Upah Rp 10 Juta

Susu yang disaring kemudian masuk ke gelas takaran. Untuk ukuran 1/4 liter, pengunjung hanya membayar Rp.10 Ribu sementara untuk 1 liter dibandrol dengan harga Rp.40 Ribu.

Khasiat susu kambing Etawa tidak perlu diragukan lagi. Susu tersebut memiliki fungsi pengobatan herbal sebagai penyembuh sejumlah penyakit pernapasan.

Baca Juga:  Pria Berusia 35 Tahun Nekat Minum Racun Serangga, Rupanya Ini Penyebabnya

“Khasiatnya seperti pengobatan alternatif herbal. Seperti penyakit pernapasan, asma, bronhitis, paru-paru, flek,” jelas Jana.

Jana menambahkan, susu Kambing Etawa juga manjur menstabilkan tekanan darah dan berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

“Bisa juga untuk menstabilkan darah tinggi dan rendah. Untuk kekebalan tubuh dan untuk ibu hamil juga bagus,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat