Menyoal Tak Terpenuhinya 704.306 Kuota Siswa saat PPDB, Disdik Jabar: Harusnya Seimbang!

Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dedi Supandi. (Foto: suarajabar.id)

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat menyebutkan bahwa kuota siswa saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA-SMK Negeri maupun Swasta di Jabar itu ada 704.306 kuota total.

Kepala Disdik Jabar Dedi Supandi mengatakan, jika dilihat dari tahap satu ada 286.000 pendaftar dan ada 179.000 kuota, tapi yang diterima hanya 153.55.

Baca Juga:  Inilah 8 Makanan Yang Memiliki Reaksi Aneh Bagi Tubuh

“Dari kuota total ini tidak seluruh sekolah swasta itu mengikuti pola online maka yang saya sampaikan itu adalah hanya pendaftar yang diterima mengikuti pola online di PPDB,” kata Dedi di Kota Bandung, Senin (18/7/2022).

Baca Juga:  Tren Kunjungan ke Masjid Raya Al Jabbar Meningkat Setelah Lebaran

“Artinya hari ini, terjadi pendaftar peserta didik yang hanya mendaftar ke salah satu titik sekolah. Seharusnya penerimaan seimbang kalau ini enggak. Artinya peserta didik mereka terfokus ke sekolah-sekolah tertentu,” tambahnya.

Baca Juga:  Cegah Kriminalitas, Ema Sumarna Perketat Keamanan di Teras Cihampelas

Lebih lanjut, Dedi menyatakan bahwa ada satuan pendidikan atau sekolah yang mendekati kuota full maksimal seperti di daerah Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kota Cirebon hampir mendekati 100 persen.