Nakes di Serdang Bedagai Diminta Aktif Jemput Bola Beri Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Kadis Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, selamat Hartono. (Foto: Ahmad/JabarNews).

JABARNEWS I SERDANG BEDAGAI – Tenaga kesehatan harus punya tanggung jawab yang berat terutama dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam rangka memberikan informasi yang jelas bagaimana upaya pencegahan suatu penyakit.

“Prinsip kesehatan sebetulnya upaya yang penting adalah pencegahan, karena pencegahan, itulah tugas tenaga kesehatan,” kata Kadis kesehatan Serdang Bedagai, Selamat Hartono, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga:  Pemerintah Kabupaten Bogor Klaim Berhasil Turunkan Kasus Kekerasan Terhadap Anak

Menurunnya, kondisi saat lagi sempat mewabah penyakit DBD, atas permintaan masyarakat, Dinas Kesehatan sudah melakukan fogging (Pengasapan) ke tempat-tempat saluran air dan pemukiman warga yang merebak kasus BDB.

Baca Juga:  AEON Mall Deltamas Tanam Ribuan Pohon di Bekasi

“Kalau fogging hanya mengatasi sesaat, tapi yang paling berkelanjutan bagaimana masyarakat menjaga kebersihan tempat nyamuk bersarang,” terang Selamat.

Kata dia, untuk mencegah dan mengatasi penyakit DBD, paling kuat pencegahannya dari masyarakat itu sendiri, bagaimana dengan rajin mencuci bak penampungan air, membersihkan dan menutup apabila ada tempat genangan air.

Baca Juga:  KPU Karawang Kekurangan Surat Suara Pilkada, Segini Jumlahnya