Napak Tilas 100 Tahun Tjibadak: Mengenal Tradisi Seke Konservasi

Gedung Cai Tjibadak yang terletak di Kelurahan Ledeng Kecamatan Cidadap berusaia satu abad atau 100 tahun. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Tepat pada Rabu 29 Desember 2021 kemarin, Gedung Cai Tjibadak yang terletak di Kelurahan Ledeng Kecamatan Cidadap berusaia satu abad atau 100 tahun.

Tepat di usianya yang ke-100 tahun, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana melaksanakan Napak Tilas Gedung Cai Tjibadak.

Baca Juga:  Terkendala Medan, Korban Tenggelam Ini Belum Ditemukan

Napak tilas 100 tahun gedung Tjibadak adalah salah satu upaya pelestarian lingkungan. Dengan kegiatan ini, selain meningkatkan kepedulian akan peninggalan yang berharga juga untuk melestarikan keberadaan sumber air yang disebut seke.

Baca Juga:  Pohon Tua di Sumedang Tumbang Timpa Mobil Plat Merah

Saat ini Gedung Tjibadak dioperasikan oleh PDAM Tirta Wening Kota Bandung. Keberadaannya tetap berfungsi sebagai sumber air baku. Selain itu, di sekitarnya tetap menjadi habitat bebagai flora dan fauna yang tetap harus dipertahankan.

Baca Juga:  Pasar Murah Bisa Ringankan Beban Masyarakat, PKS Kota Bandung Minta Pemerintah Kendalikan Harga Kepokmas

“Atas nama Pemkot Bandung mengucapakan terima kasih dan apresiasi hari ini bisa memperingati 100 tahun Gedung Tjibadak,” kata Yana Mulyana, Rabu (29/12/2021).