Napak Tilas 100 Tahun Tjibadak: Mengenal Tradisi Seke Konservasi

Gedung Cai Tjibadak yang terletak di Kelurahan Ledeng Kecamatan Cidadap berusaia satu abad atau 100 tahun. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Tepat pada Rabu 29 Desember 2021 kemarin, Gedung Cai Tjibadak yang terletak di Kelurahan Ledeng Kecamatan Cidadap berusaia satu abad atau 100 tahun.

Tepat di usianya yang ke-100 tahun, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana melaksanakan Napak Tilas Gedung Cai Tjibadak.

Baca Juga:  Ini Sosok Pemegang BP Metropolitan Rebana dan Cekungan Bandung

Napak tilas 100 tahun gedung Tjibadak adalah salah satu upaya pelestarian lingkungan. Dengan kegiatan ini, selain meningkatkan kepedulian akan peninggalan yang berharga juga untuk melestarikan keberadaan sumber air yang disebut seke.

Baca Juga:  Ajang Fun Futsal Diharapkan Lahirkan Bibit Atlet Unggulan Bandung

Saat ini Gedung Tjibadak dioperasikan oleh PDAM Tirta Wening Kota Bandung. Keberadaannya tetap berfungsi sebagai sumber air baku. Selain itu, di sekitarnya tetap menjadi habitat bebagai flora dan fauna yang tetap harus dipertahankan.

Baca Juga:  Siswa Di Tegal Jawa Tengah Gunakan Fingerprint Untuk Absensi, Apa Kabar Sekolah Di Jawa Barat?

“Atas nama Pemkot Bandung mengucapakan terima kasih dan apresiasi hari ini bisa memperingati 100 tahun Gedung Tjibadak,” kata Yana Mulyana, Rabu (29/12/2021).