Pasangan Tua Renta Lumpuh, Hidup Sebatang Kara

JABARNEWS |KAB.CIREBON – Potret kemiskinan di Kabupaten Cirebon ternyata masih banyak ditemukan. Salah satunya adalah pasangan suami istri  tua renta. Mereka tidak memiliki sanak keluarga dan menghabiskan sisa hidupnya di atas tanah bukan miliknya.

Rumah gubuk yang digunakan pasangan tua sebatang kara ini berada di Desa  Adi Darma , Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten  Cirebon. Lelaki tua bernama Suut(90) bersama sang istri, Tarmi (80) sudah lama hidup tanpa sanak saudara.

Baca Juga:  Herman Suherman Akui Pembangunan Pendestrian di Cianjur Masih Ada Kekurangan

Mereka tidur hanya  beralas karpet ukuran kecil dan beratap karpet serta hanya memakai pembatas seadanya berupa kain dan lainnya.

Mereka terlihat hanya bisa duduk dan melihat, bahkan tak bisa berjalan, dan sangat di sayangkan kurang perhatian dari pihak aparat desa maupun Pemda Kabupaten Cirebon.

Runi (50) salah satu tetangga pasangan tua itu mengatakan, mereka tinggal digubug berukuran kecil sudah lama. Awalnya mereka tinggal di gubuk beratap genteng. Karena sempat terkena terpaan angin, rumah mereka roboh dan mereka terpaksa tinggal di tempat itu, hingga tidak mau pindah sampai sekarang.

Baca Juga:  Jadi Pintu Masuk Perjalanan Luar Negeri, Bandara Kertajati Layani Umroh Langsung ke Jeddah

“Kalau makan tiap harinya ada aja yang ngasih tetangga dan siapa saja. Saya juga kasihan mas, apalagi  jika hujan gede, pokoknya tinggal seperti itu sudah lama menetap seperti itu mas,”ujar Runi kepada Jabarnews.com

Baca Juga:  Transaksi di Tempat Terbuka, Pengedar Narkoba Asal Pematangsiantar Ditangkap

Perihal  tinggal di tempat itu sambungnya,  tidak tahu tanahnya milik siapa. Pasalnya sudah lama mereka di tempat itu. Dan pak Suut  juga udah puluhan tahun tidak bisa jalan, karena lumpuh. Kalau makan hanya istrinya  yang mencari.

“Sampai saat ini juga belum dapat bantuan dari pihak pemerintah, padahal itu jelas hidupnya tidak layak,” imbuhnya. (Sukirno)