Pastikan Kesehatan, DKPP Kota Bandung Periksa 11.000 Ekor Hewan Kurban

Hewan Kurban
Ilustrasi hewan kurban. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak lebih dari 11.000 hewan kurban telah diperiksa oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung dari 196 lokasi penjualan hewan kurban. Tim melakukan pemeriksaan antemortem untuk memastikan kesehatan dan kelaikan hewan kurban.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung, Wilsandi Saefullah mengatakan hewan yang akan labeli kalung sehat dan layak berisi barcode yang bisa dipindai melalui aplikasi e-Selamat.

Baca Juga:  Ini Daftar Enam Daerah dengan Peredaran Rokok Ilegal Tertinggi di Jabar

“Barcode tersebut berisi data hewan kurban untuk memudahkan masyarakat kota Bandung untuk mencari hewan kurban. Satu hewan, satu barcode kita lengkapi dengan foto hewannya,” kata Wilsandi saat menjadi narasumber Bandung Menjawab di Balai Kota, Kamis 13 Juni 2024.

Baca Juga:  Masyarakat Kota Bandung Wajib Tahu, Ini Empat Hal untuk Antisipasi Penyakit Hepatitis Akut

Dari struktur telah diperiksa, kata dia, domba yang paling tinggi sekitar 8.000 ekor, sapi 2.000an ekor dan kambing hanya 150 ekor

Baca Juga:  Masyarakat Sekitar Hutan Tak Sejahtera, Walhi Jabar: Ini Pemberdayaan atau Perbudakan?

Dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan hewan yang terjangkit penyakit menular hewan seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan penyakit menular lainnya. Hanya ditemukan hewan yang mengalami sakit akibat adaptasi dalam perjalanan.