Pastikan Sholat Idul Fitri Kalian Aman Dengan Empat Cara Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Hari Raya idul Fitri Tinggal menghitung hari di masa pandemi Covid-19 ini tentunya pelaksanaan sholat Id akan berbeda seperti biasanya.

Sebagaimana kalian tahu, Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat Id (berjamaah) hanya boleh dilakukan di daerah yang sudah masuk zona hijau dan kuning.

Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang tertuang dalam Surat Edaran resmi terbit dari Kementerian Agama tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri, salah satunya yakni Kapasitas maksimal menjadi 50 persen dan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Pasca Gempa Cianjur, Polisi Cek Siswa SDN Pacet 2 Belajar di Tenda Darurat

Selain itu, ada banyak cara lain untuk kalian bisa melakukan ibadah sholat Idul Fitri Berjamaah dengan aman. Oleh Karena itu dilansir dari banyak sumber ada empat cara aman sholat Idul Fitri.

Pertama. Gunakan Maske Medis – Para pakar kesehatan mengatakan bahwa ada baiknya kamu mengenakan masker bedah yang pas di wajah ketimbang masker kain.

Baca Juga:  Provinsi Jabar Berpeluang Miliki 35 Kabupaten Kota, Ini Daftar Daerah Barunya

Masker ini bisa menghalangi partikel air liur yang keluar dari mulut dan hidung mengenai orang lain. Tak hanya itu, masker bedah juga memiliki kemampuan filtrasi lebih baik.

Kedua. Menghindari kerumunan – Dengan cara menjaga jarak tiap shaf kalian bisa meminimalisir terjadinya kerumunan saat melakukan sholat Idul fitri di masjid secara berjamaah.

Ketiga, Pemilihan Lokasi – Pemilihan Lokasi disini apabila kalian sholat Idul Fitri Berjamaah di masjid ada baiknya menjadi masjid yang memiliki ventilasi udara yang lebih besar agar udara didalam bisa cepat tergantikan. Selain itu, Jika Kalian sholat di tempat tertutup diwajibkan untuk menggunakan masker.

Baca Juga:  KPK Laporkan Penggunaan Anggaran Turun Dari Tahun 2019

Keempat. Jika ada gejala kurang enak badan, sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk berangkat ke lokasi shalat Id demi menghindari kamu terdampak Covid-19. Karena imun tubuh yang lemah memudahkan virus untuk masuk ke dalam tubuh. (Red)